Jumat, 23 Desember 2016

Day #24: A Lesson I've Learned The Hard Way

Saya dulu jaman kuliah jarang banget nyentuh textbook.

Mulai dari TPB, pelajaran kalkulus, kimia, fisika. 

Padahal textbook sebenernya punya. Ya walau bukan buku asli yang beli di Elvira atau mungkin Gramed. Saya mah textbook nya KW super, keluaran Dunia Baru. 


Ah, Dunia Baru. Sakti emang. Kalo mau cari buku tinggal kasih liat foto cover depannya, terus ntar tiba-tiba dia udah nyodorin bukunya. Mejik. Atau kalo ternyata dia ga punya bukunya, asal kita sediain PDF nya, besok-besoknya udah jadi buku. Ya agak shady sih emang. Tapi mau gimana lagi.

Anyway. Jadi saya sebenernya ya punya, yang macam buku Halliday (Fisika), Brady (Kimia), Purcell (Kalkulus), tapi jarang banget dibuka. Seringnya palingan mengandalkan catetan kuliah. Oh kalo jaman TPB sih plus ini nih: bundel soal Gamais.

Mulai tingkat dua, udah masuk kuliah jurusan, setiap dosen nyebutin buku pegangan buat mata kuliahnya dia, selalu saya catet dan sebisa mungkin saya cari dan beli. Tapi ujung-ujungnya ya sama lagi, saya lebih mengandalkan catetan kuliah dan/atau diktat dari dosen yang basically isinya sama aja kayak catetan kuliah. Dan/atau slide kuliah.

Apa yang salah sih dengan catetan/diktat/slide kuliah? Haha ya nggak ada. Hanya saja, ternyata ngandelin catetan/diktat/slide doang itu ibarat nonton film Harpot tapi ngga baca bukunya. Jadi kayak cuma tau secuil, seuprit, ya kayak fenomena gunung es gitu lah.

Terus di tingkat atas juga ternyata ada juga bundel soal. Kumpulan soal-soal ujian dan kuis dari tahun-tahun sebelumnya. Biasanya kalo mau ada kuis, UTS, atau UAS, anak-anak pada ngerjain soal-soal dari bundel ini, dibahas bareng, diulang-ulang sampe lancar. Efektif sih seringnya, karena memang seringnya soal-soal ujian itu nggak jauh-jauh banget bedanya dari tahun ke tahun. Tapi ada jeleknya juga. Jadi kita akhirnya cuma bisa ngerjain soal yang mirip-mirip atau setipe dengan yang udah pernah kita lihat sebelumnya. Kalo soalnya divariasiin, langsung kebingungan. Apalagi kalo soal nya sama sekali baru, belum pernah liat, atau lebih tentang teori, wah modar ae.

Jadi di satu sisi sebenarnya bundel soal itu 'penyelamat'. Penyelamat IP. Kalo memang tujuannya yang penting lulus atau yang penting IP bagus, udah bener sih belajar aja dari bundel tiap mau ujian. Tapi di sisi lain, kita jadi gak mudeng apa sih sebenernya esensinya kuliah ini. Apa sih intinya yang kita pelajari semester ini. Ujung-ujungnya, ketika semester selesai, masuk semester baru, udah langsung lupa semua deh.

Dan saya baru sadar ketika saya kuliah lagi di tempat lain, dengan bidang yang masih sama. Ingatan tentang kuliah-kuliah jaman dulu udah kayak raib tanpa bekas gitu. Bahkan saya jadi merasa malu dan jijik sama transkrip sendiri. Haha. Ya karena nilai-nilai yang tertulis disitu nggak bisa dipertanggungjawabkan. Di atas kertas A tapi realita berkata E. Akhirnya ya jadi (lebih) struggle, kayak belajar dari awal lagi. Begitu.

Dulu kalo liat geng c*na pada belajar bareng bawa-bawa textbook tebel, saya dalam hati langsung 'whoa nerd alert'. Hahaha aduh kena karma.

Btw postingan kali ini rambling banget ya bahasanya. Biarinlah. Yang penting paham intinya kan. Shortcut itu efektif dan efisien. Tapi kalo yang kamu butuhkan adalah lebih dari sekedar lulus, please take my advice:

Take the scenic route. Read the book. 


Tidak ada komentar: