Kamis, 22 Desember 2016

Day #21: Three Lessons I Want My Children To Learn From Me

Dear possible future kid(s),

#1: Iqro'!

Bacalah! Membacalah! Nih ya, kalopun kamu dikasih sehat dan bisa hidup sampe 100 tahun lagi pun tetep aja pasti masih banyak buku-buku di luar sana yang belum habis kamu baca. Masih banyak cerita-cerita dan pengetahuan yang belum habis kamu lahap. So don't miss out on it, start reading as soon as you can, you don't know how much time you'll have. Dan lagi, banyak membaca bisa menghindarkan kita dari sifat yang naudzubillah sangat annoying, yaitu sok tau tapi banyak omong (which is so unbelievably common nowadays). Makanya nak, kalo kamu nanti lahir normal, punya mata yang berfungsi dengan baik, itu satu nikmat yang super banget luar biasa. Harus disyukuri, dan dipake. Buat hal-hal yang bermanfaat. Seperti membaca. Terutama membaca.

#2: Take charge of your life

Because it's yours and yours only. Jangan terlalu terpengaruh sama komentar orang lain. Kalo kata pepatah(?) mah: 



Lakukanlah hal-hal yang bikin kamu semangat buat bangun pagi setiap harinya. Yang memberi kamu alasan yang kuat untuk bertahan hidup sehari lagi. Dan sehari lagi. Dan sehari lagi. Coba deh bikin sendiri standar sukses mu, standar bahagia mu, standar cukup mu. Karena pada akhirnya, yang menjalani kan kamu. Ibaratnya kamu punya mobil, yang nyetir kamu. Orang lain kan cuma nebeng. Jangan mau lah diatur-atur sama tukang nebeng.

#3: Spend as much time as possible with your family, while you can

And by 'family' I mean your parents, and sibling(s). Time is one sneaky SOB, kid. Nggak kerasa tiba-tiba nanti kamu udah gede aja, udah sibuk ini itu, jarang di rumah. And there will be times when you would give anything just to have one peaceful weekend with your family, enjoying your mom's cooking at your parents' house, where you'd feel the safest, the soundest, not a single worry in your mind.


Tidak ada komentar: