Jumat, 07 Juni 2013

Tentang Bubur, Part 2: Bubur Hati dan Bayam

Anda punya makanan favorit? Pasti lah ya. Dan pastinya saya juga! Selain bakso, siomay, pempek, konro, pecel lele, cheesecake, durian, dan beberapa makanan super lezat lainnya, saya punya satu makanan favorit yang agak nyeleneh: bubur hati dan bayam.

Pernah dengar atau pernah ngerasain makanan yang barusan disebut? Hehe. Saya ingat dengan jelas waktu kecil, bahkan sejak bayi, ibu saya sering membuatkan bubur semacam itu. Bahan-bahan nya sederhana, beras, hati sapi, bayam, kaldu, daun salam, mentega. Kalau yang saya lihat dari sebuah resep di internet, ada tambahan tempe juga, tapi ibu saya dulu menambahkan wortel alih-alih tempe.

Cara membuatnya sederhana juga, namanya juga bubur ya begitu-begitu aja masaknya. Masak beras dan kaldu plus daun salam, ditambah hati mateng dan bayam dan wortel yang sudah dihaluskan (misalnya diblender). Bubur yang sudah jadi kira-kira penampakannya seperti ini:
Unyu kan, mangkok dan sendok nya khusus buat bayi
Tapi bubur bikinan ibu saya warnanya ada aksen-aksen oranye nya gara-gara ditambahin wortel. Gimana rasanya? Buat saya sih super enak! Hahaha. Mungkin sebagian atau bahkan kebanyakan orang tidak habis pikir, 'bubur? Ditambah ati diblender? Nggak salah?' atau 'seriusan demen ul? Itu kan makanan bayi' tapi ya, benar teman-teman, itu makanan bayi dan saya tetap suka sampai sekarang. Rasanya ya kayak bubur aja biasa, cuman ya ada rasa atinya juga. Bayam dan wortel hampir nggak kerasa, cuma nambahin tekstur dan warna aja. Sedap sedap pokoknya. :D

Yah. Entah waktu dulu ibu saya masaknya pake bumbu rahasia apaan kok sampe saya ketagihan bahkan sampe setua ini. Entah. Nggak masalah, karena menentukan makanan kesukaan itu hak asasi setiap manusia, ya kan ya kan? Lagipula sehat banget loh, integrasi antara 3 bahan makanan yang kaya manfaat: hati, bayam, dan wortel.
Jepang larang warganya konsumsi hati mentah
Hati sapi
Hati itu berprotein tinggi dan kaya akan folat, sehingga penting bagi kesuburan dan membantu mencegah cacat lahir. Protein juga membantu memperkuat dan merawat kulit, rambut dan jaringan tubuh lainnya, serta memberikan asupan energi (bagi yang gak demen karbohidrat). Selain itu, hati juga salah satu sumber vitamin A, yang membantu menjaga kesehatan mata.
http://www.perempuan.com/asset/files/forum/1589_89_bayem.jpg
Bayam
Bagaimana dengan bayam? Ini jelas makanan yang super bermanfaat, Popeye aja demen banget! Kalau nonton kartun Popeye the Sailor Moon Man, si Popeye setiap habis makan bayam langsung jadi super kuat dan dengan mudah bisa mengalahkan Brutus dan merebut kembali nona cantik Olive Oyle. 

Di dunia nyata, bukan dunia nya Popeye pun, bayam ternyata benar-benar bisa membuat tubuh kita kuat! Kuat gimana? Nih ya. Bayam itu mengandung flavonoid, sebuah phytonutrisi dengan sifat antikanker. Dengan kata lain bayam itu salah satu makanan yang bisa mencegah kanker. Bayam juga mengandung vitamin C, vitamin E, beta-karoten, mangan, seng, dan selenium, yang berfungsi sebagai antioksidan kuat yang memerangi terjadinya osteoporosis, aterosklerosis, dan tekanan darah tinggi. Bayam juga tinggi vitamin A, sehingga berperan dalam maintaining kesehatan mata dan kulit, kemudian juga melindungi dan memperkuat "entry point" ke dalam tubuh manusia, seperti membran mukosa, saluran pernapasan, saluran kemih dan usus, dan merupakan komponen kunci dari pembentukan limfosit atau sel darah putih yang memerangi infeksi.

Wortel
Wortel mengandung falcarinol yang merupakan senyawa yang mampu mencegah penyakit kanker. Wortel yang kaya vitamin A, seperti yang sudah kita pelajari di pelajaran IPA SD, bermanfaat bagi kesehatan kulit dan mata. Beta karoten yang terdapat pada wortel ini berfungsi sebagai antioksidan yang dapat membantu tubuh kita untuk melawan pengaruh negatif dari radikal bebas. Selain itu, konsumsi wortel yang cukup juga bisa mencegah stroke dan penyakit jantung, dan menurunkan kolesterol.

Jadi intinya, makanan kesukaan saya yang agak anti-mainstream ini juara banget ditilik dari segi nutrisinya! Saya nggak akan meng-encourage anda-anda semua untuk turut ngefans sama bubur favorit saya ini, tapi buat yang punya bayi, worth trying. Siapa tau nanti bayinya jadi doyan dan ketagihan terus kayak saya, hihi. ;)

Tidak ada komentar: