Rabu, 18 Januari 2012

cerita liburan bagian 3

masih cerita di madiun. saya dulu hampir 3 taunan di kota ini, tapi belum pernah sama sekali ngerasain makanan khas kebanggaan kota ini --> pecel. kalo pecel masakan rumah ya sering, maksutnya belum pernah beli pecel madiun. bikinan orang madiun. yang katanya super enak itu. 

alhasil kemaren pas ke madiun, mampirlah kami sekeluarga ke salah satu tempat beli pecel yg mayan famous. bukan rumahmakan gede, cem warung gitu malah. tapi di jam2 makan selalu rame, banyak juga yang pesen buat dibawa pulang. kalo saya perhatiin juga ada pengunjung yang cuma beli bumbu pecelnya aja. akhirnya saya nyobain juga pecel madiun. nasi, sayuran, dikasi bumbu pecel, dikasi lauk tambahan yang bisa dipilih sendiri, cem ayam, empal, telor, kikil, dan paru. nikmat, sodara2. nikmat.

puas makan, kami menutup kunjungan ke madiun dengan muter2 cari dessert. berhenti di pasar sleko, ternyata di bagian depan pasar ada
kios jualan duren yang sungguh sangat menggoda iman. beli duren dua glundungan, dimakan bareng2. emang ngga ada yang bisa ngalahin enaknya duren lokal yang matengnya pas. manis tapi ngga eneg (tetep eneg sih buat yang gak suka duren hehe), sedikit beralkohol, tapi justru itu yang bikin tambah sedep. nah pas di sini ini saya akhirnya mempraktikkan cara ampuh menghilangkan bau duren di tangan. caranya adalah dengan cuci tangan di kulit duren! jadi kulit duren sebelah dalemnya itu kan bentuknya kayak cekungan gitu, bisa dikasi air, trus kita cuci tangan di situ. kemudian, voila! bau duren pun hilang. sabun pun kalah deh. worth trying ;)

waduk gajah mungkur. nah cerita yang ini udah di hari yang berbeda dengan cerita2 sebelumnya. saya ke sini bareng keluarga besar. nggak full keluarga besar sebenarnya, cuma saya ortu adek2, bude sekeluarga, dan mbah uti mbah kakung. mbah kakung saya ini pernah kena stroke, sehingga sekarang beliau jarang sekali bepergian, nggak kuat masalahnya. ini mumpung anak2nya lagi pada mudik ke solo, simbah pengen diajak pelesir, tapi jangan terlalu jauh biar nggak capek banget. jatuhlah pilihan pada waduk gajah mungkur.

waduk gajah mungkur itu masuknya wilayah wonogiri. fyi, wonogiri itu --> wono artinya hutan, giri artinya gunung. nama sama kondisi alamnya bneran sesuai loh gan. tempatya juga nggak jauh dari solo. saya sendiri juga seumur2 belum pernah kesitu (waduknya, bukan wonogiri nya).

pertamanya ngebayangin waduk, yaa yang kebayang kayak danau2 gitu. paling deket kan kunjungan ke telaga sarangan, jadi ngebayangin nya ya kayak telaga sarangan gitu kali ya. ternyata eh ternyata.. waduk gajah mungkur itu superrrr luasss. waktu saya kesana itu airnya tenang, cuman ada riak2 kecil gara2 angin. cuacanya juga agak mendung tapi gak hujan. tapi semakin siang, udaranya jadi sangat gerah luar biasa, sampe saya dehidrasi.

nggak deng becanda.

tapi memang sangat gerah waktu itu. akhirnya ya disana gelar tikar, duduk2 sambil ngobrol, makan cemilan, foto2, ditutup dengan es degan yang seger, penyelamat bagi kerongkongan2 kami yang kekeringan. saya perhatikan juga di beberapa bagian pantai pinggiran waduk ada mbak2 dan mas2 yang mojok pacaran. puanase koyo ngene kok betah men rangkul2an to mas, mbak.. -__-

*bersambung ke bagian 4

Tidak ada komentar: