Rabu, 18 Januari 2012

cerita liburan bagian 4

waktu mudik kemarin, saya sekeluarga berangkatnya hari selasa pagi. pagi nih bukan dini hari, bukan subuh, hari udah terang. sampe di solo udah malem. kira2 di solo cuma 3 hari, soalnya jumat malem udah balik lagi ke bandung. tapi saya enggak. saya sengaja ketinggalan di solo berhubung liburannya juga masih sangat2 lama -_-

satu hari dari seminggu perpanjangan mudik saya alokasikan untuk main ke jogja. kebetulan seorang temen saya juga lagi mudik, rumahnya di jogja, enak kan bisa ada temen yang diajak muter2, hehe. berikut ini rincian kegiatan saya ngalay di jogja.

prameks. saya ke jogja naik prambanan ekspres, solusi transportasi jogja-solo yang paling gampang dan murah. dulu harga tiketnya masih 7000 rupiah, itu jaman saya tingkat 1 kalo ngga salah. sekarang udah naik jadi 10ribu. kalo dari solobalapan, prameks ke jogja paling pagi ada mulai setengah 6. dari jogja, paling malem jam 7. saya ambil jam berangkat jam 9 pagi dari solo, trus pulang dari jogja pake yang jam setengah 6 sore.

ada untungnya rumah mbah saya deket sama stasiun balapan. kalo di solo, bisa naik prameks dari balapan atau stasiun purwosari. masalahnya, urutannya adalah: balapan - purwosari - stasiun2 lainnya - lempuyangan - tugu. enaknya naik dari balapan itu, keretanya masih kosong, jadi kita pasti dapet tempat duduk. kalo naik dari purwosari, haha butuh effort cukup besar buat nyari tempat duduk yang masih kosong.

durasi perjalanan dari solo ke jogja maupun sebaliknya dengan naik prameks itu cuma sejam lebih dikit. sama atau bahkan lebih cepet daripada durasi perjalanan dari rumah ke kampus naik angkot di bandung -______- ya gimana engga, prameks kan circuit switching, ada jalur sendiri, nggak berbagi sama kendaraan lain. karena itu delay propagasinya rendah. kalo angkot packet switching, media transportasi yang harus berbagi jalanraya dengan berjuta kendaraan lain, ribet, rawan kena macet, mana pake ngetem, makanya nyampenya lama.

maaf barusan intermezzo kuliah jartel dikit. hehe.

taman pintar. sampe di jogja, saya langsung dijemput di depan stasiun tugu sama temen saya. seharian itu kami muter2 jogja naik motor. hal ini menguntungkan, karena sesungguhnya jogja di musim liburan itu macetnya ngga santai. pake motor kan masih bisa nyelip sana sini. si temen nanyain, saya pengen main kemana. saat itu kami di tugu, deket2 situ palingan ada malioboro dan keraton, which are sudah sangat sering saya kunjungi tiap kali ke jogja. malioboro belok dikit ada taman pintar. karena emang belum pernah ke sana, saya pun memutuskan untuk menjamah taman pintar untuk yang pertama kalinya.

dengan membeli tiket seharga 15ribu rupiah, kami udah bisa masuk ke taman pintar. tadinya di loket, pas liat daftar harga tiket (anak2 8ribu, dewasa 15ribu), sempat saya nyeletuk "wah, gw kan masih anak2". kemudian bapak2 yang jual tiket nanya "mbaknya masih sekolah apa kuliah? kalo masih sekolah sampe SMA masih bayar tiket anak2 kok". oh my. ternyata di situ itu anak SMA masih dianggap anak2, dimana definisi anak2 disini adalah belum bisa cari duit, masih pake duit orangtua. sementara anak kuliahan bayar harga dewasa karena dianggap sudah bisa cari duit sendiri. saya.. jadi malu.