Rabu, 18 Januari 2012

cerita liburan bagian 1

akhir desember kemarin sekeluarga (tumben2) bisa mudik ke solo. biasanya kalo saya sekeluarga mudik, yaa cuma ke rumah embah aja. kalo nggak yang di madyotaman (cuma 5 menit dari stasiun balapan pake becak) ya yang di mbibis (tepat belakang kampus AUB, gak jauh2 amat dari daerah rumahnya tia AFI). tapi pas mudik kemarin, sempet ternyata sedikit melancong ke luar solo. kemana aja nya bisa lah direview dikit:

karangpandan. itu nama daerah yang nampaknya masih termasuk solo coret, udah mendekati kaki gunung gitu jadi udaranya juga udah mulai dingin2 semriwing. di sini ngga ngapa2in sebenarnya. cuma numpang lewat dan sempat berhenti sebentar di pinggir jalan. ngapain? ternyata sang bokap pengen nunjukin tempat favorit beliau pas jaman kecil buat main bareng temen2nya waktu SD, yang ternyata adalah sebuah.. sungai. ya sungai aja biasa. di pinggir jalan gitu. konon katanya jaman bokap masih kecil, itu sungai jernih sekali, bokap dan temen2nya sering banget main air di situ, mandi2 bahkan.

haha. bagi bocah2 kecil, bahagia itu sederhana ya. sesederhana main di sungai bareng temen2. :3

candi sukuh. naik lagi dari karangpandan, ketika ada percabangan jalan, kanan ke tawangmangu, kiri ke arah candi sukuh. berhubung emang saya dan adek2 belum pernah ke candi sukuh, maka mobil pun berbelok kiri. yaa, jadi kompleks candi sukuh itu ngga terlalu besar, cuma ada satu bangunan utama, bentuknya kayak piramida yg puncaknya dipotong. ada satu tangga menuju ke puncak, dan di puncaknya juga ngga ada apa2 sih. hehe. tapi di sekeliling candi banyak arca dan tugu batu yang ada relief2nya. halamannya mayan luas, berumput, terawat sekali. pas saya di sana juga lagi ada petugas2 yang sedang bekerja dengan alat pemotong rumput.

pernah saya baca di internet, candi sukuh itu candi yang rada porno. nah setelah saya liat sendiri, ternyata memang iya. emang di relief2 yang ada, serta arca2nya, cukup banyak yang menyajikan konten dewasa. nggak sevulgar apa juga sih. tapi vulgar. vulgarnya seperti apa? ya gitu deh ya pokoknya. :p

satu lagi yang jadi perhatian saya, tiket masuk ke areal candi sukuh ini murah sekali ternyata. 2000 per orang. dua ribuuuuu gan. tiba2 saya kebayang tiket masuk ke kawah putih yang harga mobil masuk aja udah 160ribu, belum tiket per orang nya..

tawangmangu. ini adalah tempat yang mirip2 lembang di jabar dan malino di sulsel. wilayah supersejuk di kaki gunung, yang sukses dipake sebagai pelarian orang2 yang bosan dengan udara panas dan pengap di kota2 besar. waktu saya masih kecil, sering banget keluarga besar main bareng ke tawangmangu, nginep barang semalam dua malam. biasanya hiburannya ya jalan2 pagi, cari sarapan, naik kuda, berenang di balekambang. trus ada satu objek yang wajib dikunjungi --> air terjun grojogan sewu. 

dari loket tiket, kalo mau ke air terjun masih harus turun tangga cukup jauh. bukan masalah, cuma kudu hati2 karena banyak sekali monyet sepanjang tangga batu menuju air terjun. monyet2nya nggak seganas yang di ubud, bali, cuman ya tetep suka ada aja yang berhasil ngambil topi atau kacamata orang yang lewat. nah. setelah dari air terjun, sudah jelas lebih sengsara karena kudu naik tangga. kemarin aja saya ke tawangmangu lagi setelah sekiaaaaaan lama ngga ke sana, pas naik tangga cukup bikin ngos2an, hehe. ngga kebayang deh dulu jaman saya masih bocah, capek pas naik tangga, ujung2nya sang bokap harus menggendong saya yang dari kecil sudah gembrot ini naik tangga sampai ke atas. agak naas memang. -_-

*bersambung ke bagian 2

Tidak ada komentar: