Minggu, 23 April 2017

To Whom It May Concern #3: Beta Versi Beta

Ever wonder about me as a kid? Pretty much the same with current-me, tapi lebih bantet. 

Haha. 

Baiklah mari bicara childhood.

Masa kecil saya relatif bahagia. Normal. TK dua tahun di Makassar. Saya sebenernya nggak seberapa inget dulu di TK ngapain aja. Palingan ya kegiatan normal anak TK, mainan kertas, gunting, lem, plastisin. Terus belajar lagu daerah. Saya inget disuruh ngapalin lagu Angin Mamiri. Sama Si Patokaan. Terus karena TK saya TK Islam, dulu diajarin gerakan sholat, cara berwudhu, doa sehari-hari, dan sebagainya. Setiap jam istirahat di sekolah, mainan favorit saya ayunan. Sayangnya, mainan favorit mayoritas bocah yang lain juga ayunan, jadi banyak sekali kompetitor.

Saya juga ikutan semacam ekstrakurikuler. Tari tradisional. Latihan nya seminggu dua kali, pulang sekolah. Terus setiap akhir tahun ajaran tariannya dipentaskan. Tahun pertama saya belajar Tari Mandulang Intan. Itu ceritanya tentang perempuan-perempuan desa di Kalimantan yang kerjaan nya mendulang intan. Ada insiden ketika D-day pementasan. Ketika itu saya dan rekan-rekan sudah siap manggung, udah pake kostum. Kostumnya sederhana, wong kan ceritanya wanita desa. Terus bawa-bawa tampah pula buat properti nya. Eh tau-tau tim kelas sebelah muncul, kayaknya bakal bawain Tari Kipas. Kostumnya shiny sekali, lengkap dengan kalung dan gelang yang bling-bling, kipas nya pun ada aksen bulu-bulu nya. Seketika saya jeles, saudara-saudara. Jeles dan ngambek karena kostum saya nggak shiny. Akhirnya saya mogok nari. Eh, tetep ikut pentas sih, tapi di panggung cuma diem. Yang lain berdiri ikut berdiri, duduk ikut duduk, jalan ikut jalan, tapi nggak ikutan nari. Ya itulah, ternyata saya udah kenal cemburu sejak dini.

Kalo kegiatan di luar sekolah, ya palingan jalan-jalan sama keluarga. And by 'jalan-jalan' I mean 'jalan-jalan di dalam kota'. Paling sering saya dan adek saya (kala itu adek saya baru satu) diajak ke supermarket yang nggak jauh dari rumah. Di supermarket itu ada arena bermain buat bocah. Dulu mainan favorit saya dan si adek adalah mandi bola. Kadang kalo weekend kami ke pantai. Sewa ban karet yang warna item itu, terus berenang di pinggiran laut. Kelar berenang kulit belang-belang, baju isinya pasir semua sampe ke sempak-sempaknya. Habis itu biasanya ngadem di gubuk-gubuk pinggir pantai, terus biasanya ada yang jualan buah siwalan. Apa itu siwalan? Dan tahukan kamu apa itu siwalan? Kayak kelapa kecil-kecil gitu terus dalemnya kenyal-kenyal. Enak pokoknya. 

Masuk SD saya di Madiun. Did I mention I was a fat kid? Well I still am. Haha. Tapi waktu kecil mungkin jauh lebih kentara. Kelas satu SD berat 40 kilo. Canggih kan. Sekarang berapa? Rahasia. Ssssst. Kembali ke laptop. Jaman SD di Madiun yang paling menarik di sekolah adalah.. jam istirahat. Berikut ini tiga jenis permainan yang paling sering saya mainin di jam istirahat: lompat tali, bekel, dan kethek menek. Lompat tali, talinya bikin sendiri dari untaian karet gelang. Main bekel, bolanya bisa pake bola apa aja, umumnya ya pake bola bekel beneran. Tapi ketika ngga ada, bisa juga pake bola tenis, atau bahkan bola golf. Selama masih bisa mantul dan masih feasible buat digenggam. Kethek menek, berasal dari kata kethek yang berarti monyet dan menek yang berarti naik atau memanjat. Ini genrenya kucing-kucingan sih sebenernya. Jadi di sekolah kan banyak pilar-pilar atau tiang di sepanjang selasar ruang kelas. Nanti ada satu orang yang ngejar, yang lain dikejar, tapi yang dikejar bisa aman dan gak bakal ketangkep kalo dia 'manjat' pilar atau tiang. Technically ngga manjat beneran, cuma pegang aja.

Sampai kelas tiga SD di Madiun kayaknya saya sama aja kayak anak SD kebanyakan. Kelebihan saya palingan berat badan aja. Lainnya, medioker. Tapi semua berubah setelah kerajaan api menyerang saya cabs ke jancuk city, Surabaya. Ya ngga berubah-berubah amat sih, tapi lumayan lah, mulai bisa dieksploitasi guru-guru buat ikutan lomba-lomba di kecamatan atau di kodya. Karakter dan personality juga kayaknya mulai terdiferensiasi. Aulia 9-11 tahun adalah anak yang:

  • Nerdy, rajin belajar dan suka baca buku, terutama yang gak ada gambarnya.
  • Nggak girly, karena badan segede itu mau di-girly-in segimana juga tetap sepet di mata, so why bother.
  • Nggak jago olahraga (duh).
  • Nggak gampang takut dan/atau jijik sama hewan. Kayak misalnya kalo ada kerja bakti bersihin pelataran sekolah, terutama kalo pas musim hujan, saya suka nemu kodok yang kemudian saya ambil dan saya sodor-sodorin ke muka temen-temen yang kemudian berlarian histeris.
  • Sudah punya 'resting bitch face'. Yes, people, it's just how my face looks like. Don't just assume that I'm angry all the time, because I'm not. At least not all the time. 

Di luar sekolah, kayaknya hidup saya cukup normal dan bahagia. Belum kenal cinta-cintaan, nggak kayak (oknum) anak SD jaman sekarang yang naudzubillah malesin udah pacaran panggil papa-mama. Saya mah paling banter dulu cuma naksir-naksiran doang yang tidak ditindaklanjuti karena buat apa, masih anak ingusan ini. Hobi saya palingan ya jajan (predictable ya haha), terus cari buah kersen, terus kerumah temen main CTR (balapan crash team racing). Terus main jago-jagoan pake daun pete cina (does anyone know this game?). Terus nongkrongin tivi di hari Minggu mulai dari jam 7 pagi sampe Wiro Sableng.

Kesimpulannya, if I could do it all over again, I would probably settle for this same childhood life. Maybe I'd play outside more, and read less. 

Nah, read more, but play outside even more. 


Tidak ada komentar: