Minggu, 15 April 2012

another random thought

saya ini jarang pake atau bahkan bawa jahim. kemaren pas arak2an wisuda itu pertama kalinya saya pake jahim lagi setelah sekian lama. 

ada beberapa alasan yang menyebabkan saya jarang pake jahim:

pertama, jahim itu tebel kan ya gan. memang paling enak sih kalo pas bawa jahim pas cuaca dingin atau hujan. tapi kita semua tau sama tau lah ya segimana labilnya cuaca di bandung, unpredictable. kalo udah anget dikit aja, udah gak nyaman tuh buat saya pake jahim, panas. opsinya kalo udah terlanjur bawa ya cuma dua dan malesin: kalo dibawa2 ribet dan besar resiko ketinggalan nya, kalo dimasukin tas bikin berat. that's why.

kedua, selain jahim itu berat secara harfiah, si jahim ini buat saya juga berat, tanda kutip. saya akui saya bukan setan himpunan. jadi mondar-mandir pake jahim itu sangat meresahkan. takut tiba2 ketemu orang di kampus terus ditanya tentang himpunan, misal "kemaren hme lawan hm* menang mana?" nahkan. meneketejreng. haha yaa itu salah satu contoh saja lah ya. intinya saya merasa kurang representatif untuk memakai jahim.  takut malu2in. :))

yang menarik, jahim bukan satu2nya pakaian yang berat tanda kutip buat saya. hal yang sama juga terasa ketika pake jaket telkom yang warna item itu. saya selalu waswas kalo2 sewaktu2 ada orang ketemu di jalan liat tulisan di jaket telkom saya, terus ngajak ngobrol tentang telekomunikasi tapi saya nggak bisa membalas obrolan dengan memuaskan. mau ditaro dimana wajah jurusan teknik telekomunikasi itb??

tidak kalah berat dari jahim dan jaket telkom, adalah batik sma3 bandung.  betapa memalukannya kalo liat anak pake batik sma3 di angkot ngomong anjing2an pas ngobrol ama temennya. isn't it?

jadi ternyata ini bukan sekedar urusan pakaian, tapi dengan memakai pakaian tertentu itu kita membawa identitas suatu komunitas. kalau komunitas yang kita 'wakili' itu sudah punya trademark dan dikenal orang, mau tidak mau jadi ada beban di pundak kita untuk berperilaku selayaknya yang ingin orang2 lihat dari seseorang yang memakai identitas komunitas tersebut.





ngomongin yang beginian ini saya jadi kepikiran. bagaimana dengan jilbab?
jilbab.
sungguh yang satu ini jauh, jauh lebih berat jika dibandingkan dengan (hanya sekedar) jahim, jaket jurusan, maupun batik sma.

Tidak ada komentar: