Kamis, 19 Juli 2012

Pilot

Puasa udah tinggal besok gan. Ya atau lusa lah ya. Ngga masalah mau meyakini yang mana asal ngerti alasannya, hehe. Banyak yang dipersiapkan dalam menyambut bulan Ramadhan, persiapan fisik maupun psikis. Tapi kali ini saya mau ngemeng tentang persiapan bulan Ramadhan ditinjau dari sudut pandang seorang pilot dapur.

Apa itu pilot dapur? Ini adalah sebutan ngasal versi saya bagi orang yang bertanggungjawab atas apa2 yang diproduksi di dapur setiap harinya, sehingga seluruh penghuni rumah tercukupi kebutuhan gizinya. Ruang lingkup obrolan saya ini ialah dapur rumah saya, maka jelas pilot dapurnya adalah: ibuk.

Hari menjelang Ramadhan begini adalah saatnya ibuk dan saya belanja dalam skala besar. Berbekal daftar belanjaan dan duit yang (harus) cukup (males aja gitu kalo udah sampe kasir duitnya kurang -.-), berangkatlah kami ke Lottemart. Sungguh ada yang berbeda dari stok Lottemart, menjelang puasa gini banyak barang2 yang biasanya ngga ada tiba2 ada. Contohnya: kurma, kolangkaling gede2 yang superbersih dan menggiurkan, nanas, jeruk mangga dan apel yang beraneka tipe, bagian daging2an juga lebih penuh, sirup dan bumbu2 juga lebih lengkap variannya.

Hahaha, buat saya sih berada di tengah2 rak-rak bahan makanan di Lottemart jauuuh lebih menyenangkan daripada cucimata di tengah2 rak2 baju di mall manapun. :D

Kelar belanja di Lottemart, lanjut ke pasar tradisional setempat, beli hal2 yang belum kebeli atau harganya kurang murah di Lottemart. Bener2 lah pokoknya, buat ibu rumah tangga, efisiensi adalah segalanya. Baru kemudian pulang.

Ada satu hal khas ibuk yang mungkin tidak semua pilot2 dapur lainnya mempraktikkan. Barang belanjaan tidak serta merta dimasukin lemari es atau lemari makanan, melainkan dibeber dulu di meja dapur atau meja makan, kemudian dipilah2 sesuai menu. Misalnya nih, sayuran, bahan2 lodeh, sayur asem, sop, dan oseng2 dipisahin, masing2 masuk tupperware tersendiri yang di atasnya ditaro bumbu2 sachet yang sesuai, dikaretin, baru masuk kulkas.

Untuk benda2 cem daging2an beda lagi perlakuannya. Buat ayam potong misalnya, dimasak dulu sekalian dibumbui di wajan gede sampe mateng, masuk tupperware, nantinya kalo mau makan tinggal digoreng. Atau misalnya daging cincang, dibumbui dulu pake bawang putih, garem, merica dkk, dikukus sampe mateng, masuk kulkas, idem kayak ayam, kalo mau makan tinggal potong2 dan goreng.

Ada lagi. Kentang nih sekarang subjeknya. Langsung kupas, potong2 dadu, goreng, masuk tupperware lagi. Perkara nantinya mau jadi sambel goreng kentang, udah nggak perlu repot2 banget kan. Atau kalo mau jadi perkedel ya tinggal ditumbuk, bumbuin dikit, goreng. Beress.

Sebenernya teknik super efektif seperti ini selalu diterapkan tiap bulan, nggak hanya untuk bulan puasa. Tapi di bulan puasa memang rada lebih heboh sih dari segi menu dan jumlah, berhubung ibuk juga ngingoni pegawai2nya buat buka puasa, terus variasi makanan juga harus dijaga biar orang2 gak bosen makan dirumah terus ujung2nya pada kabur buka bersama hehe. Hasil maksimal effort minimal pokoknya. Berat di awal2 doang sih. :D

Yah, jadi demikianlah. Cerita tentang persiapan bulan Ramadhan dari sudut pandang seorang pilot dapur paling saya segani di dunia. Semoga nanti suatu saat saya bisa seperti itu.

Sekarang puas jadi co-pilot dulu lah ya, apalah saya ini, masih cupu..

Tidak ada komentar: