Sabtu, 07 Desember 2013

Random Edition: Berburu Pecel Lele di Ansan

Hari ini saya sukses melakukan suatu ke-random-an. Saya janjian sama senior saya yang berdomisili Geumjeong, untuk makan di salah satu restoran Indonesia di Ansan. Janjian ketemunya di stasiun Ansan. Oke deal. Akhirnya selepas asar saya meluncur naik subway ke Ansan. Ansan itu dimana?

Okey. Mari kita tinjau crop-cropan peta jalur subway di bawah ini:


Pada peta di atas,stasiun terdekat dari asrama saya adalah Campus Town. Saya naik dari situ, ganti angkot kereta di Woninjae. Teruuus sampe ujung Suin Line, turun di Oido, ganti lagi, terus turun di Ansan. Perjalanan kurang lebih makan waktu 40an sampe 50an menit. Si senior saya rumahnya di Geumjeong. Kalo mau ke Ansan palingan setengah jam juga nyampe. Begitulah.

Pada jam yang telah disepakati, saya nyampe di stasiun Ansan. Ini kedua kalinya saya ke situ. Pertama kalinya saya ke Ansan, tujuannya juga sama, cari resto Indonesia. Kenapa sih kalo cari resto Indonesia carinya ke Ansan? Ansan itu pemirsa, banyak orang Indonesia nya. Banyak TKI di sana, soalnya memang juga kawasan industri. Ngga heran kalo ada beberapa restoran yang memang khusus jual masakan Indonesia. Ngga cuma orang Indonesia, orang asing dari negara lain juga banyak banget di Ansan. Pokoknya begitu keluar stasiun subway, pemandangannya langsung heterogen. Ngga melulu muka-muka sipit kulit putih nya orang Korea, tampang Melayu sampe tampang Arab dan India pun bertebaran.

Nah. Waktu pertama kali saya ke Ansan itu ada sedikit pengalaman agak menarik. Pas mau naik subway dari Woninjae ke Oido, saya diajak ngobrol sama orang. Laki-laki. Dari mukanya, tipe-tipe India gitu lah. Mirip sama Raj Koothrapali yang di The Big Bang Theory. Dia ngajak ngobrolnya awalnya pake Korea.

"Mau pergi kemana?"
"Ke Ansan"
"Oh sama, saya juga"
"Hoo"
"(nanyain kerja dimana, tapi waktu itu saya ngga mudeng)"
"Ya?"
"(nanyain lagi, intinya sih sama)"
"(masih cengo)"
"(lagi)"
"(akhirnya paham) Ah.. Ngga, ngga, saya mahasiswa.. Maaf Korea nya saya masih amburadul sekali"

"Gimana kalo ngomong Inggris aja?"
"(naah gitu kek daritadi) Okeee"

Akhirnya ya ngobrol gitu tentang kerjaan, kuliah dimana, ke Ansan mau ngapain. Turns out si orang ini orang Nepal, bukan India. Gitu gitu deh. Tapi lama kelamaan jadi malesin. Karena pada suatu titik dia bilang: I think you're cute. Wow creepy. Dan beberapa kalimat kemudian dia pake nanya: 'udah kawin belom' pula. Creepier. Akhirnya pas turun kereta, dia nanya boleh minta nomer ngga, saya langsung menyesal ngeluarin hape sepanjang perjalanan. Trus demi hidup yang aman dan tak tercemar, saya bilang: oh saya di Korea baru dua minggu, jadi belum punya nomer hape, hape ini baru cuma bisa dipake kalo ada wifi. Demikian. Hahahaha. Di satu sisi saya seneng bisa ngobrol sama orang asing dari negara lain. Walaupun, ya itu tadi, creepy.

Balik lagi ke cerita hari ini. Saya udah sampe stasiun Ansan. Btw gini nih penampakan stasiun Ansan. 

Sepi yak. Memang lagi sepi. Dingin pula. Saya langsung nge sms si senior, nanyain udah dimana. Selama nunggu, saya terjerat dilema: mainan hape atau masukin tangan ke kantong coat. Kalo mainan hape, tangan kerasa dingin banget, freezing, tapi kalo masukin tangan ke kantong, geje banget nunggu sambil ngga ngapa-ngapain. Akhirnya setelah beberapa sms dan telpon yang tidak terjawab, saya memutuskan untuk bangkit, berdiri di atas kaki sendiri, berjalan keluar dari stasiun. Mungkin si senior punya kepentingan lain yang lebih mendesak sehingga ngga jadi datang.

Saya udah lupa tepatnya dimana letaknya si rumah makan Indonesia yang tempo hari pernah ditunjukkan si senior ke saya. Saya sempat wira-wiri ngga jelas selama beberapa saat tanpa hasil selain makin kedinginan. Tapi lama-lama saya berhenti sejenak dan berpikir jernih. Saya mengamati orang-orang yang baru keluar stasiun pada jalan ke arah mana. Dan, voila! Mereka pada masuk terowongan yang menuju ke seberang jalan raya. Saya ikutin, dan benar, di ujung sananya terowongan, saya sampai di mulut gang yang super ramai. Toko-toko dan orang jualan di kanan kiri. This is it. Si restoran yang tempo hari saya kunjungi ada di sini, somewhere di kiri jalan, tepat di atas counter ponsel.

Saya susuri si gang itu, sambil liat kanan kiri. Sehari-hari cuma liat suasana kampus yang super dull, suasana cem pasar di gang itu rasanya kok homy banget. Banyak banget counter hape. Bank juga ada. Jualan buah dan sayur. Jualan jaket dan boots. Jualan kimchi. Jualan Snack gorengan-gorengan gitu. Apalagi ya. Buanyak deh. Selang beberapa langkah mulai ada tempat makan juga. Saya udah lihat rumah makan Indonesia juga, namanya Kartini. Tapi itu bukan yang saya kunjungi tempo hari, pass dulu. Lanjut jalan. Terus. Sampai pada akhirnya: Rumah Makan Sederhana. Bukan, ini bukan rumah makan Padang. Cuma namanya aja yang sama kayak franchise rumah makan Padang terkondang di tanah air. Letak rumah makannya di lantai dua. Lantai satu nya dipake sama toko hape gitu.

Begitu masuk ke Sederhana, finallyyyy... Warmer. Ada tiga meja terisi, satu isinya bapak ibu anak satu, satunya beberapa pria gitu, satunya lagi pria juga, sendirian. Saya laper dan langsung menuju mbak-mbak yang di dapur, order pecel lele  karena entah kenapa lagi pingin banget pecel lele, dan es teh manis. Kemudian saya dari meja yang menghadap ke tivi.


Itu di meja ada perlengkapan makan standar. Kotak kayu sebelah kiri isinya sendok garpu. Ada tisu, sambel ABC, garem, merica. Yang agak nyeleneh adalah kenapa bisa ada asbak disitu. Soalnya di pintu tulisannya no smoking. Haha, yasudahlah ya. Btw tivinya lagi disetel channel SCTV. Tebak acaranya apa?

Tebaak.

Nyerah? Okey. Acaranya adalah.. Eat.. wait for it.. Bulaga! Eat Bulaga! Kayaknya lagi ngehits ya acara-acara games cem beginian. Ngga penting, tapi menghibur juga sih. Haha. Anyway, di deket jendela ada beberapa wayang golek dipajang.


Itu si Cepot yang paling kanan. Haha. Turns out that si mbak-mbak yang masak (mungkin juga pemilik rumah makan. Atau istrinya pemilik rumah makan?) ini orang Sunda, asal Cirebon. Makanya majang wayang golek. Btw bisa dilihat di jendela, tepat di seberang ada rumah makan Indonesia juga, namanya Pertiwi. 

Setelah menunggu beberapa saat ditemani Eat Bulaga, datanglah yang ditunggu-tunggu. Diawali dengan es teh manis:


Beneran deh, apapun makanannya, selama ada es teh manis pasti saya pesen es teh manis. Susah banget move on. Habis es teh manis, kemudian main course nya keluar juga:


This, fellas, menurut daftar menu, is pecel lele. Not quite like what I expected about pecel lele. Ini mah literally pecel dan lele. Haha. Mungkin seharusnya saya tadi pilih menu lele penyet ya. Anyway, nggakpapa. Enak juga kok. Lelenya dua lagi. Pecelnya juga enak. Timun nya ngga saya makan, gasuka timun. Krupuk udangnya so so. Sambel ijonya enak banget, sambel merahnya pedeees, lebih pedes daripada yang ijo. Lelenya menurut saya agak aneh rasanya, ngga seenak yang saya makan di tanah air. Entah emang treatment untuk lele Korea jauh beda sama di Indonesia sehingga menghasilkan rasa dan tekstur daging yang berbeda juga, atau ini semua hanya fanatisme rasa belaka: kalo makan nya ngga di Indonesia ya ngga akan kerasa maknyus. Entah. Wallahu a'lam. Tapi overall memuaskan! Setidaknya agak ngobatin kangen!

Habis makan seporsi nasi pecel lele bener-bener bikin saya ngantuk. Udah pengen beranjak bayar, tapi ngelirik menu, eh ada mendoan. Tergoda. Akhirnya saya pesen mendoan buat dibawa pulang, baru akhirnya bayar dan cabs.

Total duit buat makan hari ini cukup royal. Seporsi nasi pecel lele tadi harganya 7500 KRW. Es teh manis nya 1500 KRW. Seporsi mendoan 5000 KRW. Mahal bener buu, mendoannya. Tapi porsinya mayan banyak kok. Liat deh:


Disini nggak ada tempe yang tipis-tipis gitu, jadi pake tempe biasa. Jatohnya penampakannnya kayak tahu isi ya. Haha. Tapi percayalah ini tempe. Seporsi isinya delapan potong. Lumayan gede-gede. Bonus cabe ijo dua biji. Disini ngga ada cabe rawit juga kali ya. Yasudahlah.

Akhirnya saya pulang dengan perut kenyang, nenteng sebungkus mendoan anget. Yang namanya malem minggu ternyata nggak selamanya harus suram ya. Haha.

Demikian ke-random-an saya hari ini. Saya dan seluruh kerabat kerja yang bertugas undur diri, sampai jumpa di edisi random berikutnya!




Tidak ada komentar: