Jumat, 27 Juli 2012

Cake Pertamaxxx



Jadi tadi pagi secara random saya ngenet. Entah berawal darimana, ujung-ujungnya saya terdampar di situs-situs berisi resep masakan. Dari situlah kemudian saya berhasrat untuk nyobain bikin cake-cake-an. Sepanjang sejarah masak-memasak saya, biasanya saya cuma masak makanan rumahan, itupun dengan instruksi rinci dari sang nyonya rumah (berasa pembantu), jadi bukan inisiatif sendiri. Untuk jenis makanan cem kueh-kueh begituan, saya pernahnya bikin cookies alias kue kering. Dengan demikian hari ini merupakan percobaan pertama seorang Aulia Dewantari bikin kueh yang bukan cookies. Cake.

Cake yang saya bikin itu kalo di resep yang saya juga nemu di internet, judulnya cake cokelat yoghurt. Resepnya saya nemunya di mari. Overall menurut saya cara bikinnya ngga rumit. Bahan-bahan ditakar semua dulu. Siapin loyang, olesin pake mentega, lalu lapisi pake kertas roti. Mentega tawar, gula halus, gula palem, pasta coklat, sama garem secukupnya, dicampur di baskom, dikocok pake mixer. Masukin telor sama vanili, kocok lagi. Masukin terigu, jangan lupa diayak dulu biar halus. Aduk manual (udah mulai menggumpal adonannya, gaenak kalo pake mixer). Masukin baking powder sama soda kue secukupnya. Aduk. Masukin coklat bubuk. Aduk. Masukin yoghurt, NAH, ngga ada yoghurtnya gan, akhirnya pake yakult -____- dan ini bukan keputusan yang cukup baik karena pada akhirnya ngga kerasa sama sekali si yakultnya. But life must go on, jadi yaudah, aduk lagi. Masukin choco chip. Aduk sampe nyampur. Beres!

Selanjutnya tinggal dituang aja si adonan itu tadi ke loyang. Ratain pake sendok. Taburi choco chip yang masih nyisa di atas adonan cake. Masukin oven, panggang dengan suhu 180 centigrade selama 55 menit, gitu sih kata resepnya. Realisasinya, rada bermasalah dalam menjaga suhu 180 itu gara-gara pakenya oven gas, bukan oven listrik. Terus durasi juga sebelum 55 menit udah mateng, takut gosong, alhasil baru sekitar setengah jam udah keluar dari oven deh.

Hasilnya? Voila! Seperti yang dipamerkan di awal post, jadilah cake perdana buatan saya! Haha. Walaupun setelah dilihat2 dan dirasain lebih mirip brownies -__- Dan dari segi judul, saya mau ganti ah. Cake cokelat yoghurt ngga valid lagi, lebih cocok dinamain Choco Chip Cake. :3

Besok mungkin saya bawa ngampus untuk testdrive :p
Enjoy, fellas!

2 komentar:

ahmadmushofihasan mengatakan...

Delicieux! ini beneran enak loh.. sering2 terdampar ke web resep makanan aja yah.. :)

auliadewantari mengatakan...

hehehe :D