Senin, 30 Juli 2012

Bitterballen (abal)

Hari ini cukup absurd bagi saya, pasalnya, setengah hari dihabiskan menempel di kasur karena sedang dilanda sakit kepala yang rada ngga santai. Untungnya, setelah dzuhur mulai datang itikad baik untuk beranjak dari kamar, bosen juga gan. Saya memutuskan untuk kembali browsing, cari-cari sesuatu yang enak dan bikinnya gampang. Nemu. Namanya bitterballen. Kalo menurut wiki, bitterballen itu:
Bitterballen (plural of bitterbal) are a savoury Dutch meat-based snack, typically containing a mixture of beef or veal (minced or chopped), beef broth, butter, flour for thickening, parsley, salt and pepper, resulting in a thick ragout.
Ya begitulah. Jadi berbekal resep random dari internet, saya bikin lah itu bitterballen. Caranya gini:

Pertama, panasin mentega di wajan, masukin bawang bombay cincang, tungguin sampe wangi. Habis itu masukin terigu, aduk sampe nyampur. Di bagian sini saya rada panik hahaha soalnya rada aneh aja gitu rasanya masukin terigu ke wajan yg cuma ada mentega sama bawangnya -_- Untungnya step berikutnya rada bikin tenang, masukin susu cair, aduk. Pertamanya masih menggumpal ngga jelas, tapi lama-lama nyampur juga. Next! Masukin seledri dan wortel yang dicincang halus, aduk. Berikutnya keju parut, aduk lagi. Terakhir garam merica pala sesuka hati, aduk lagi. Begitu terlihat oke, matiin kompor.

Begitu adonan di wajan udah ngga terlalu panas, ambil dikit pake sendok makan, isi pake keju mozarella (bisa juga pake kraft quick melt), terus dibentuk jadi bola-bola gitu. Celup ke telur, terus ditepungin pake tepung roti (atau tepung panir bisa juga), goreng deh! Sampe warnanya udah cukup menarik dan menggoda iman, angkat, matiin kompor jangan lupa. Nih penampakan yang udah jadi nya:



Hoho saat-saat paling menyenangkan ialah membelah si bitterballen pake garpu, terus mozarella nya meleleh keluar gitu.. Nyam. Tapi (seperti yang tertera pada judul) abal, karena menurut wiki harusnya pake beef atau veal, ini saya nggak pake sama sekali, lagi ngga ada yang begituan di rumah -.- Si resep dari inet nya juga ngga saya patuhi banget, cuma takaran susu sama terigu nya aja yang bener, lainnya pake perasaan. Haha. Yang penting bisa dimakan. Dan enak. Not bad for a beginner. :D

Jadi lupa habis itu kalo saya tadinya sakit kepala.

Tidak ada komentar: