Minggu, 12 Agustus 2012

post jadul berserakan: duri


*post jadul yg satu ini sebenarnya terinspirasi dari salah satu kisah di buku "setengah isi setengah kosong" yang mayan fenomenal itu*

alkisah jaman dulu kala ada seorang raja. suatu hari sang raja ini berjalan2 keliling wilayah kerajaannya. pas lagi jalan2, eh, tiba2 kakinya nginjak sesuatu yang tajam. ternyata duri. berdarahlah kaki sang raja. sakit. marahlah dia. keuheul deh pokoknya.

keesokan harinya, sehubungan dengan insiden duri yang kemarinnya itu, sang raja ngumpulin pembesar2 kerajaan. dia bilang gini: "pokoknya mulai besok saya mau seluruh jalanan di wilayah kerajaan dilapisi sama kulit hewan". ada yang nanya: "buat apa raja?" kata raja:"ya biar kaki saya ngga mungkin bisa ketusuk duri lagi lah, sakit tau"


terjadi gumaman di sana-sini gara2 statement sang raja yang rada semenamena. tau2 salahsatu penasihat yang paling arif bisik2 ke raja:"raja, kalau masang kulit hewan sebanyak itu, berapa hewan yang mesti dibunuh ya? hmm, daripada gitu, gimana kalo mulai besok saya pesankan terompah yang bagus dan kuat saja buat raja, biar kalo nginjek duri lagi kaki raja ngga sakit?" *sambil nyengir

nah menurut guru bahasa indonesia jaman SMP, klo yang namanya pantun itu ada sampiran ada isi. cerita sang raja ketusuk duri itu sampirannya gan. isinya, hmm. ya, 11-12 lah ama cerita si raja.

yang namanya orang hidup, pasti kadang kita nginjek duri. sakit? iya memang. berdarah? pastinya. tapi terus apa bisa kita kayak si raja, minta ngelapisin jalanan biar duri2nya ketutup? ya, kalo dalam cerita tadi sih si raja bisa2 aja nolak saran si penasihat trus keukeuh minta jalanan ditutup kulit hewan, suka2 dia wong dia rajanya. tapi kita kan bukan raja. mau nggakmau harus ketemu sama si duri2 jalanan.

"ah lewat jalan lain ah.." eits. silakan aja cobain jalan lain yang keliatannya bebas duri. tapi ati2 aja, si duri tetep aja ada, cuman ngga keliatan aja soalnya kecil2. wuih malah tambah sakit kalo nginjek duri yang tipe begitu.

"trus gimana dong ya? huhu"
baca sampiran pantunnya ngga sih.
pake terompah.

anak gaul jaman sekarang nggatau kali ya apa terompah. sepatu, gan. terompah itu cem sepatu. kalo miskin banget ngga punya terompah yaa nggakpapa deh nyeker. nginjek duri udah konsekuensi. tapi separah2nya nginjek duri, masih bisa kok disembuhin. :)

semoga kita masih bisa tetap tegar menghadang duri2 kehidupan (dalam kasus mahasiswa, mungkin durinya berbentuk nilai jelek, putus cinta, ditolak KP, TA ngga beres2, kangen rumah, kena tilang, ilang STNK, dan masalah lain yang mungkin lebih pelik daripada yang disebutkan barusan)

akhirul kalam, mengucapkan selamat uas bagi yang merayakan. \m/ merdeka!

Tidak ada komentar: