Senin, 30 Agustus 2010

obrolan sore

biasanya kan gw kalo naik angkot ya cuma naik, duduk manis, liatin penumpang lain sambil dikit2 nguping obrolan mreka trus ketawa2 sendiri, lalu kalo dah bosen ujung2nya smsan. :)
sore ini, tumben2, ada yang menemani gw ngobrol sepanjang perjalanan pulang:
mang angkot riung dago.
kebetulan hujan turun cukup deras ketika gw naik ke angkot, tempat di sebelah sopir.
"neng, punten ditutup aja jendelanya"
gw naikin kaca jendela depan, gak ampe pol.
"ditutup semua aja neng, biar nggak basah"
okelah mang. siaaap.
angkot pun mulai melaju.
si angkot yg gw naiki cuma mengangkut segelintir penumpang, yang by the time it reached stasiun kircon, sudah habis semua, tinggal gw berdua dengan si mang angkot. hujan. di dalem mobil. berdua. romantis. andai sajaa itu bukan mang angkot, melainkan..

oke. cut.
ya jadi gw tinggal satu2nya penumpang yang tersisa. si mang angkot yang dari awal memang terlihat sangat talkative pun mulai ngajak ngobrol.
"wah hujan wae yah neng"
gw bergumam mengiyakan saja.
"kemarin padahal saya dari bekasi, sampe bandung gak hujan sama sekali"
"ah kemarin hujan kok mang, di dago"
"ah masa sih neng? saya balik dari bekasi kmarin gak hujan kok.."
tetoot. mengulang kata bekasi.
"..malem baliknya"
"ooh, hujannya sih siang mang.."
"tuhkaan, siang, soalnya malemnya mah nggak hujan.."
si mang menghela napas bentar.
"sekarang mah, udah aneh gini yah, cuaca teh, harusnya kan akhir maret juga udah kemarau yah neng, ini mah udah juni, masiih aja hujan.."
gw bergumam lagi, mengiyakan.
"tapi kalo di bandung mah enak neng, mau hujan kayak gimana juga ngga banjir, wah kalo di bekasi mah, sekali hujan langsung kerendem sedada"
perempatan. si mang berhenti bicara, berkonsentrasi dan sedikit ngebut mengejar detik-detik terakhir sebelum lampu merah menyala. gak berhasil. si lampu merah yang menang.
"tadi, pulang kuliah neng?"
"iyah"
asal banget gw jawabnya. mana ada kuliah hari minggu.
"wah? emangnya minggu2 ada kuliah?"
eta pisan, baru aja diomongin kan.
"eh, enggak, ada acara di kampus.."
"ooh.."
jeda.
"neng kuliahnya jurusan apa?"
"elektro"
"ha? eh emang neng kuliahnya dimana gitu?"
"di itb mang"
"oooh, saya kirain teh di unpad.."
jeda lagi.
"ngga usah takut neng, saya nggak jahat kok, ini teh ngajak ngobrol cuman biar ada temen aja, biar gek jenuh.."
wah sori2 mang, kalo tampang gw kayak yang lagi curiga gitu, ini tuh default darisananya, memang sering disalahartikan sebagai tampang jutek, galak, kejam, waspada, curiga, hayo apalagi dah. yasudahlahya. haha. ketawa aja gw pas si mang ngomong gitu td.
"hmmm. itb teh, saya dulu pernah nyoba tes, masuk senirupa, tapi nggak ketrima neng.. hehe.."
"asal darimana gitu mang?"
"bekasi"
OF COURSE. ngapain gw nanya lagi sih, daritadi disebut2 mulu itu kota.
"saya di bandung sejak tahun 98. dulu lulus sma di bekasi tahun 97, trus pengen ke bandung soalnya kakak aku kan kerjanya di bandung.."
entah kenapa kata ganti nya berubah jadi 'aku'.
"kan tes ke itb ngga ketrima, trus akhirnya ngambil d3 di lpkia, dulu mah kampusnya masih di riau situ neng.."
buset ternyata si mang gelarnya d3.
"habis lulus trus ikut outsourcing di bri, tapi gak dilanjutin.."
bagian sini gw rada gak paham sih. tapi yaudahlahya.
"keluar dari bri, udah males kalo disuruh balik ke bekasi, di bandung teh udah betah.. eeh akhirnya nyoba2 nih jadi sopir ancot.."
seriously, he pronounced it 'ancot'.
"ternyata enak juga sih neng, nyopir ancot.."
"kuliah di itb enak nggak neng?"
"hmm yaa enak nggaenak lah mang"
"kalo denger itb teh udah kayak yang wah banget gitu lah neng"
ketawa lagi gw.
"sekarang tuh pendidikan emang harus bener2 yah, yang serius.. dapet pendidikan juga, masih susah juga neng, cari kerjaan.. ini temen2 juga, banyak kok, yang s1, s2, tapi ya sama aja, jadi supir ancot.."
wah yang ini gw gatau apakah bnar ada orang2 bertitel s2 yang berakhir di jalan menjadi sopir angkot. tapi yang jelas di sebelah gw saat itu setidaknya ada bukti nyata yang d3 nya.
"saya juga disini tuh, nikah ama orang sini, tapi sekarang mah udah cerai lagi.. biasa lah, waktu itu ketemu nya di tempat karoke.. pengen nikahnya waktu itu terlalu banyak pake nafsu aja sih neng, jadi cepet bubar.."
bagian sini gw gak komen karena gw belum berpengalaman.
"kata bokap, untung aja lu belum punya anak ama dia, kalo udah kan repot ntar.. bner juga neng, kalo sebelum cerai udah punya anak bisa susah juga nih, banyak tanggungan.."
gaul juga: bokap. haha. si mang kan orang bekasi sih ya.
gak kerasa udah deket belokan komplek rumah gw, angkot yg gw tumpangi merapat ke kiri.
gw serahkan selembar limaribuan yang minjem dari temen tadi di kampus.
"ini neng kembaliannya. makasih ya neng ngobrol2nya. jangan diketawain ya ceritanya.. hehe.."
gw turun dari angkot, sambil mencoba mencerna kembali berbagai curhatan si mang angkot tadi. curhatan sehari2. tentang hidupnya. cerminan hidup kita juga sebenarnya.
anyway makasih kembali ya mang. sukses terus nyupir ancot nya. hehe. :D

Tidak ada komentar: