Selasa, 12 Januari 2016

An Email From Paris

Btw ini kejadian taon lalu.

Semua berawal dari suatu hari yang biasa aja di bulan November. Ke lab pagi, nyalain kompi, buka browser, liat email. Eh. Kok. Ada satu subject email yang lain dari biasanya.

[Flickr] From Paris, request about an image in Jakarta

Seumur2 kalo dapet email dari Flickr palingan cuma apdetan tentang postingan2 baru nya orang2 yang difollow. Tapi ini engga. Baca subject nya aja deg2an kan, from Paris, gile ngga sih gue udah go international banget bo, dikirimin surel ama orang Paris. Yaudah. Ketika dibuka:

Dear Aulia,

I would like to print an image you made in 2010 in Jakarta.
Could you write to me as soon as possible at mawar@monde-diplomatique.fr and we could exchange together in a better way.
Hope you receive this message!

Best regards
Mawar

Engga, nama asli dan alamat email pengirim disamarkan. Aslinya bukan Mawar.

Terus karena penasaran, saya baleslah si Mawar ini via email yang kira2 isinya kalau disederhanakan:

Eh emangnye elu pingin poto nyang mane?

Tidak dinyana, balesan berikutnya dari si neng Mawar cukup panjang dan to the point. Doi tunjukin foto mana aja yang doi mau. Kemudian doi menjelaskan bahwa surat kabar tempatnya bekerja lagi menggarap sebuah artikel (bocoran: artikelnya tentang 'genocide in Indonesia, 1965'), dan doi sebagai divisi art2 nya gitu (ini saya tau dari hasil stalking webnya si surat kabar) bertugas hunting foto yang mendukung si artikel. Dan ternyata beberapa hasil jepretan saya yang doi temukan di Flickr berhasil meluluhkan hatinya(?). 

Di segmen berikutnya dia minta saya jelasin makna dari si foto dan sedikit2 nanya2 tentang hal2 terkait artikel yang lagi mereka garap. Kemudian dia bilang kalo si foto ini jadi dipublish, bakal dicantumin nama saya, tempat, dan tahun penjepretannya. Dia bahkan udah minta alamat buat ngirim cetakan suratkabarnya edisi yang ada si artikel itu, dan buat ngirim form pembayaran honor, which is kata dia 260 euro honornya. 

Saya? Reaksi saya gimana? Tercabik. Terharu sih hasil jepretan saya diapresiasi orang yang beneran kerja di surat kabar. Ya berarti seenggaknya layak nampang gitu lah ya. Duitnya juga lumayan. Tapi ga dikasi duit pun saya udah seneng klo nama bisa nampang di caption foto di koran. Kya kya kyaaa. Tapi di sisi lain, setelah si Mawar nyeritain si artikelnya tentang apaan, saya jadi melempem. Apa pasal? Jadi menurut saya isi si artikel dan apa yang ada di foto saya itu ga nyambung. Ingin rasanya berpantun joko sembung bawa golok tapi urung, si mbak Mawar ga bakalan mudeng. 

Yasudah. Akhirnya ya saya coba paparkan makna yang terkandung di balik si foto, dan saya biarkan dia menilai sendiri, kira2 cocok ngga si foto disandingkan dengan si artikel. Sebenernya sih kalo mau disambung2in ada hubungannya juga sih, tapi ngga langsung gitu. Yaa eike mah pinginnya jadi aja gitu dipasang, lumayan banget kan ini bisa jadi batu loncatan menuju femes(?). Sementara hati nurani meronta tidak mau membiarkan si mbak Mawar terjerumus memasang foto yang ga nyambung2 amat.

Jadi akhirnya saya mengisi akhir pekan dengan menunggu decision dari beliau. Ditunggu2, email tak kunjung datang. Ealah liat di internet ternyata di Paris lagi heboh bombing! Gak bakal diurus sih ini foto gue, ada berita yang lebih hot daripada si artikel yang tadi. Dan benar, baru tiga atau empat hari setelah pengeboman, email balasan pun datang. Intinya isinya bilang kalo dia udah nemu foto lain yang lebih cucok. Tapi dia bilang juga:

Less nice than yours, unfortunately.

Entah jujur entah hanya menghibur. It put a smile on my face.

Ujung2nya saya ga jadi nampang di koran bule. Tapi sebenernya pengalaman email2an dan bertukar pendapat dengan si neng Mawar ini pun udah suatu adventure tersendiri buat saya. Yeah you heard it right! Adventure! Ternyata saya bisa aja going on adventure tanpa perlu menggeser bokong dari kursi lab. 

Also, this made me experience something wonderful: that feeling when your work is appreciated. That's maybe the best feeling in this world. In my world.

1 komentar:

Soraya Serumah mengatakan...

Selamat Sore,

Saya sedang blogwalking dan menemukan blog anda.
Saya Soraya dari http://serumah.com.
Saat ini trend berbagi ruangan/roomsharing sangat gencar. Kami berinisiatif untuk membuat situs pencari teman sekamar agar orang-orang yang ingin menyewa rumah dapat berbagi tempat tinggal dan mengurangi biaya pengeluaran untuk tempat tinggal. Berawal dari ide tersebut, website serumah.com diluncurkan sejak awal tahun 2016.

Saat ini saya membutuhkan bantuan anda untuk memberikan review mengenai serumah.com di situs blog anda. Kami sangat menghargai jika Anda bersedia untuk memberikan review terhadap website kami dan menerbitkan di blog anda.

Mohon hubungi saya jika ada pertanyaan lebih lanjut. Saya ucapkan terima kasih atas waktu dan kesempatannya.

Soraya F.
Cataga Ltd.
soraya.serumah@gmail.com
http://serumah.com/