Senin, 05 November 2012

kipas merah

Jadi saya dulu2 sempat ngobrol dengan salah seorang bos (cie bos) saya waktu masih di himpunan dulu. Namanya berinisial P belakangnya i tengah-tengahnya anj, si beliau kebetulan sedang bekerja di perguruan kipas merah. Saya sebagai pengangguran sedang dalam mode haus akan info tentang kerjaan, maka isi obrolan kali ini seluruhnya tentang kerjaan(nya dia, bukan saya, ingat, saya pengangguran). Berikut ini kopian obrolan yang masih keinget:

A: kak
P: eh ul
A: gw nanya dong tentang kipas merah
P: haah lo mau kerja di kipas merah? jangaaaan..
A: haha belumtauuu. gw baru cari2 info doaang..
P: kalo pengen duit banyak kerja di oil company ajaaa.. eh tapi kalo buat cari pengalaman bolehlah.
A: haha -_- baru mau nanya2 doang ini.
P: haha oke silakan
A: baiklah. di situ kerjaannya ngapain? suasana kerjanya gimana? gajinya berapa? hahaha jawabnya ntaran aja deh kalo lagi gak sibuk.

(dan benar, si bos jawabnya lama, di layar bb saya juga masih D semua, belum dibaca. mungkin gara-gara saya ngajak ngobrolnya masih jam kerja kali ya. setelah lewat jam kerja, baru muncul balasan)

P: buset banyak banget, satu2 dong nanyanya..
A: ya maap.. -_- yaudah. gajinya berapa kak?
P: wah ngga boleh nanya gaji dulu dong. nanya kerjaan dulu harusnya..

(ck. banyak maunya)

A: -..- iya iya.. kerjaan di situ ngapain aja?
P: hmm macem2, tergantung lo sukanya dimana, ada core, ada radio
A: kalo core?
P: core itu pokoknya ngurusin network, jaringan2nya gitu deh, yg dipelajari mirip2 ccna hcda gitu2..
A: (baru mau ngetik "kalo radio?" eh udah nyamber aja si bos)
P: ..kalo radio, dibagi2 lagi, ada transmisi, rf, sama implementasinya. kalo gw di rf.
A: gimana itu rf?
P: rf masih dibagi dua lagi, ada planning, ada optim. planning itu ya perencanaan, misalnya ngerencanain mau bikin site dimana, sampe ngerancang antenanya, sudutnya berapa, gitu2. kalo optim itu lebih ke ngukur kualitas, misalnya bandwidth, trafik, dan kawan2nya..
A: hoo gitu. hmm kalo situ di planning apa optim? btw ini gw mau manggil 'lo' gaenak, mau manggil 'kamu' terlalu sok lucu, yaudah pake 'situ' aja ye

(jeda bentar)

P: hahaha. pake 'lo' aja gakpapa. atau 'akang' juga boleh kok..

(HAHA MALES JUGA KALI MANGGIL AKANG)

P: gw di optim
A: hoo. terus itu di radio ada apaan lagi tadi selain rf?
P: transmisi, itu tentang ... (saya rada lupa si bos bilang apa, lagian nggak terlalu detail sih) gw juga nggak terlalu ngerti hehe (nah kan. nggak terlalu ngerti juga dia. yaudah nggak usah, daripada nggak valid)
A: kalo implementasi?
P: itu tuh ya isinya implementasi dari transmisi dan rf tadi, kalo si transmisi dan rf kan lebih ke arah planning, teori2nya, kalo implementasi itu ngurusin device2 microwave, wireless, sampe instalasinya juga..
A: hoo lebih mainan alat lah ya
P: iya betul sekali

(skip skip. lanjut besoknya lagi)

A: kalo suasana kerja disana gimana kak, enak ngga?
P: wah. lo harus siapin mental aja sih, kerja buat c**a kan
A: rodi banget ya?
P: ya lumayan deh
A: berniat lama di sana ngga?
P: wah engga lah. kalo di perusahaan telco gini emang kudu loncat2 biar gajinya naik
A: oh kalo loncat2 emang gajinya bakal naik ya?
P: pindah2 perusahaan maksudnya.. (iya gw tau kakak bos, gw cuma pura2 lugu aja -.-)
A: hoo gara2 udh punya pengalaman kerja jd lebih valuable ya..
P: yoiii.

(ganti topik dikit)

A: dulu apply nya gimana kak? prosesnya gitu maksudnya
P: dulu gw walk in interview sih di kampus
A: hoo, terus itu ntar habis interview dipanggil lagi gitu apa gimana?
P: ya jadi gw waktu itu sehari langsung 3 interview, nggak ada tes sama sekali
A: isi interview nya apaan aja?
P: yang pertama itu ttg teknis, ditanya pengetahuan kita, ada yg ttg kuliah kita juga. yg kedua interview hrd, tau lah ya hrd kyk apa pertanyaan2nya. kalo yg ketiga sama user, yang ini ada teknis2nya juga sih..
A: pengumuman lolosnya kapan?
P: ada yg hari itu juga diumumin, ada yg beberapa hari kemudian dihubungi lewat telpon

(capek juga lama-lama ngetik beginian ya)

A: itu
A: hmm. trus ditenpatin di bagian mananya itu, milih apa dipilihin?
P: milih dari awal. interview yg pertama itu sesuai bagian yg kita pilih
A: ooh. lo knapa waktu itu pilih rf optim? haha
P: waaah gw dipanggil 'lo'.. haha
A: -___________________-
P: kalo gw daftar dr lingling 06 yg pernah ngepost di milis hme. nah, itu cuma buat rf aja. setelah masuk baru diarahin ke planning atau optim sama si supervisor nya
A: hmm brarti liat di lowongan adanya apa dulu ya
P: iya betul

(nah sekarang giliran pertanyaan yang dr awal pengen ditanyain tapi belum boleh terus)

A: hm hm nanya apa lagi ya. oh. udh boleh nanya gaji belum skrg?
P: haha boleh2
A: oke, gaji berapa kak?

(rada lama bales)

P: ada deeeeeh
A: -_____________________________________________-
P: hahahaha. standar gaji fresh grad lah
A: berapa tuh? haha
P: tebak coba
A: hmm 5?
P: awalnya 4. setelah 3 bulan jadi 5. (nah bener kan 5. gw memang hebat. salut)
A: wah kok bisa naik!
P: 3 bulan probation, kalo lulus dapet tunjangan 1jt
A: probation?
P: itu, masa uji coba 3 bulan pertama, presentasi udah ngapain aja
A: hoo oke

(sudah lack of idea saya)

A: ada yg menarik lagi ngga kak, apaa gitu, kesan pesan, haha
P: hmm kalo disuruh ke luar kota baru menarik, dapet spj lumayan

(spj? sumbangan perjalanan jauh? santunan perjalanan jauh? haha apapun deh yg penting kata si bos 'lumayan')

A: eh ini hasil interogasi boleh gw ceritain ke anak2 kan ye?
P: boleh2, silahkaaaan
A: haha sip! tengkyu bos! kapan2 gw nanya2 lagi ya, selamat bekerja!

(demikian. siapa tau sedikit memberi informasi bagi yang penasaran dengan kerjaan teknis di kipas merah bagi fresh grad.)

(mungkin kalo lain kali saya adakan interogasi lagi dengan senior lainnya di perusahaan selain kipas merah,  bakal saya ceritain lagi)

(atau mungkin engga)

(gimana ntar hehehe)

(dadah)

Tidak ada komentar: