Kamis, 05 Januari 2017

PMS Rambling

Sehari sebelum taun baru saya beli eskrim. Dua cup, beda rasa. Rencananya kan mau mengisi taunbaruan dengan nonton serial di depan leptop sambil makan eskrim. Tapi karena ternyata udah kenyang makan yang lain-lain, si eskrim nggak jadi dimakan, saya masukin kulkas asrama.

Tentang kulkas asrama. Si kulkas ini ada di common room. Setiap lantai punya satu common room. Di common room ada kulkas gede yang dipake barengan satu lantai.

Pagi ini saya baru keinget lagi tentang si eskrim. Karena mood sedang kurang bagus, niatnya mau makan eskrim biar agak semangat ngelab hari ini. Sepanjang jalan dari kamar ke kulkas, saya mikir, menimbang-nimbang, mendingan makan yang rasa apa ya. Nggak kerasa sudah sampei ke depan kulkas. Buka pintu freezer, dan, jengjengjeeng. Eskrim saya tinggal satu. Saya celingukan ke kanan kiri atas bawah rak kulkas tempat saya naruh eskrim. Nggak ada. 

Eskrim saya dimaling, sodara-sodara.

Memang sih, saya lupa gak ngasi label. Biasanya tiap masukin makanan ke kulkas asrama saya selalu kasi label nomer kamar. Tapi beberapa kali pas saya lupa gak ngasi label pun, makanan nggak pernah ilang. Lagian, kampus mahal gini masa iya muridnya masih aja suka nyolong makanan.

Jadi, apakah:

Opsi #1:

Si maling ini ingin menegakkan kebenaran. Kalo masukin makanan ke kulkas semestinya kan dilabelin. Ketika dia lihat ada eskrim nggak pake label, dia mau menghukum si pemilik biar jera dan lain kali gak lupa ngelabelin.

Duh doyan ya bilang aja doyan, ga usah sok-sokan jadi vigilante. Emang situ betmen? Iya? Bukan kan?

Opsi #2:

Si maling gak ada tujuan terselubung sama sekali. 'Kan ga ada labelnya, berarti bukan punya siapa-siapa, boleh gua embat.' 

Apa jangan-jangan emang banyak orang yang mikir kayak gitu ya? 'Ini salah lu, salah sendiri gak dilabelin, berarti ini milik publik, gua kan bagian dari publik, gua boleh ambil dong.'

Ini tuh mirip kayak, ada orang lupa nyabut kunci motornya pas parkir. 'Ini salah lu, siapa suruh konci lupa dicabut, gua bawa kabur gakpapa nih berarti ya.'

Atau, ada mbak-mbak pake rok pendek rada seksi gitu. 'Ini salah lu, ngapain coba pake rok pendek bikin napsu aja, gua perkosa gakpapa nih ya.'

Dan sebagainya. 

Kalo memang begitulah falsafah si maling, ya apa boleh buat. Saya mah diajarinnya, mau gimanapun kondisinya, se lengah dan se tolol apapun 'korban' nya, ngembat yang bukan hak kita itu nggak bener.

Kita beda pola asuhan berarti ya, Ling. 

Oke lain kali saya labelin deh eskrimnya.

Anyhoo.
Akhir kata,




Tidak ada komentar: