Senin, 24 Maret 2014

Ul, Kamu Tau Tentang Nikahan Pake Adat Jawa Ngga?

Seorang kawan tiba-tiba bertanya ke saya: Ul, kamu tau tentang nikahan pake adat Sunda ngga? Respon saya, secara refleks, jelas: meneketejreng! Saya orang Jawa. Setiap nikahan di keluarga saya pake adat Jawa. Kemudian pertanyaan beliau berhenti sampai di situ karena bertanya lebih jauh tentang adat Sunda ke saya adalah no hope adanya.
 
Tapi kemudian saya jadi mikir. Kalau saja si kawan bertanya: Ul, kamu tau tentang nikahan pake adat Jawa ngga? Respon saya?
 
...
 
Hening.
 
Saya sebenarnya juga tidak tahu betul tentang gimana itu nikahan adat Jawa. I  grew up with that but I just realized that all this time I never really pay attention.
 
Tapi kayaknya saya juga nggak nol-nol banget sih wawasannya, haha. Saya punya cukup banyak jam terbang jadi 'patah' di nikahan-nikahan tante dan om saya. Bagi yang ngga tau apa itu 'patah', hmm, suka liat ngga, kalo di nikahan Jawa, di kanan kiri pengantin biasanya ada dua bocah cilik, ngga selalu tapi biasanya dua-duanya cewek, dandan berkebaya bersanggul, pegang kipas. Jobdesc nya agak blur juga tapi kurang lebih ya ngipasin pengantin sama ikut senyum aja kalo difoto. 
 
Saya punya sepupu yang sebaya, cewek juga. Kami selalu dapet orderan jadi 'patah' waktu kecil. Jadi kenangan yang ada di otak saya tentang nikahan-nikahan adat Jawa nya om tante di masa-masa itu adalah: fitting kebaya, fitting selop, dandan subuh-subuh, rambut disanggul (I hated the hairspray part, I really did), dan, oh, ini nih: pake stagen! Apa itu stagen? Ehm. Jadi, buat manten dan keluarganya, baju yang dipake itu harus kebaya, buat cewek, dan beskap buat cowok. Bawahannya kain batik. Bener-bener kain. Bukan rok yang udah jadi. Ya kain aja gitu, dililitin. Terus pake stagen, which is kain juga. Agak lebih tebel, lebarnya 20 sentian, dililitin di perut. Fungsinya buat nahan si kain batik tadi biar ngga kemana-mana, cem ikat pinggang gitu. Nggak nyaman, pake stagen itu. Tapi apa boleh buat.
 
Apa lagi ya yang saya inget.. Oh saya inget di atas sanggul saya dipasangi bunga. Bukan bunga beneran, bunga-bungaan, dari kuningan. Kalo saya ngaca kelihatan 'mecungul' gitu di kepala. I liked it. I always like everything that looks like tiara. Makes me feel beautiful like a princess, maybe, I don't know.
 
Oh. Ada ritual injak telor. Jadi si suami bakal nginjak telor mentah, kemudian si istri bakal berlutut di depannya, nyuci kaki suaminya dari bekas telor yang diinjak barusan. Maksudnya perumpamaan istri yang bakal berbakti pada suaminya, atau semacamnya gitu mungkin.
 
Pengantin wanita dirias pake tinta item di sekitar dahi, yang buat saya bikin jadi nampak kayak Mickey Mouse. Kurang tahu juga itu maksud dan tujuannya apa. Yang saya suka adalah, sanggul pengantin wanita selalu dibungkus anyaman bunga melati. Melati beneran. Saya suka sekali wanginya. Heavenly.
 
Di pelaminan suka ada hiasan-hiasan dari janur. Setiap resepsi kelar, saya suka bergerilya di pelaminan, nyolongin hiasan-hiasan itu tadi. Bentuknya lucu-lucu, ada yang kayak kembang, burung-burungan, dan sebagainya.
 
Makanan yang paling common disajikan waktu nikahan om tante adalah bistik Jawa.
 
Tiap nikahan Jawa selalu ada protokolernya. Selalu pake bahasa Jawa kromo inggil kuadrat that I don't understand any of it. Terus musiknya pake gamelan.
 
Pokoknya nikahan-nikahan adat Jawa yang pernah saya singgahi itu buat saya selalu.. antara syahdu dan mistis. Haha.
 
Anyway, saya nggak pernah bener-bener perhatian sama yang namanya adat, dan segala ritualnya. Mungkin malah cenderung kurang peduli. Kalau suatu saat giliran saya tiba, urusan ritual adat saya akan serahkan pada yang maha kuasa tetua-tetua saja. Segala ritual simbolik itu saya yakin ada maksudnya, dan intinya palingan ya cuma berharap yang baik-baik untuk sang manten, ya kan ya? Jadi ya iya-iya aja, jalani segala ritual yang kemungkinan besar melelahkan seharian, duduk, senyum, berdiri, salaman, ganti baju, duduk lagi, senyum, berdiri, salaman.. Easy peasy. Nothing to worry about.
 
But then the next day..
 
A real challenge begins. *scary music*

 

Tidak ada komentar: