Selasa, 07 Agustus 2012

Dari yakin ku teguh~

Namanya Pak Ujang. Beliau ini pemulung yang suka ngider di komplek saya. Ditilik dari appearance nya, saya perkirakan umurnya sudah seumur kakek saya, atau sebaya juga dengan salah seorang dosen antena saya dulu waktu kuliah (berasa udah lama banget). Dengan usia segitu, bayangkan, masih saja keliling komplek, mulung, menyambung hidup. Kadang kalo lewat depan rumah, Ibuk sering manggil, sekedar berbagi makanan apa aja yang ada di rumah. Sekalian ngasihin koran bekas, kertas bekas, buku tulis bekas, apapun, lumayan buat jadi duit. Kadang pas udah disisihin makanan, eh, ngga mampir. Sakit. Kadang cerita juga, kakinya suka sakit kalo dipake jalan. Rematik. Tapi tetep. Dia masih jalan, keliling komplek, mulung, menyambung hidup.

Yang bukan pertama kali baca tulisan saya pasti segera tau, saya nggak akan cerita tentang Pak Ujang melulu in this whole passage. Instead, saya akan mulai menguliahi (berasa dosen) orang-orang yang nyasar ke post ini tentang.. hal lain. Tapi sebelumnya sori-sori aja lah ya atas penggunaan bahasa yang gado-gado di post ini, tulisan tulisan saya, terserah saya lah ya gak usah protes. :p

Jadi begini. Akhir-akhir ini saya sering ngeluh. Biasa, sindrom pasca-lulus-belum-dapet-kerja. Dirumah diinterogasi setiap waktu, ditanya-tanya, gimana mbak, udah apply kemana, udah dipanggil belum, dst. Antara iri dan agak gimanaa gitu sama temen-temen yang udah pada mapan dengan kerjaan dan S2 nya masing-masing.
Tapi ternyata eh ternyata nggak cuma saya yang tukang ngeluh. Temen-temen yang udah pada nyantol di tempat kerja masing-masing pun banyak yang nggak puas, aduh kok saya ambil yang ini sih, padahal kan saya lebih pengen yang ini, itu, dst.

Golongan lainnya, yang rada dimaklumi ngeluhnya, adalah golongan orang-orang yang ber TA. Ya paham lah ya. Paham, saya dulu (cie dulu) juga pernah merasakan. Antara jenuh dan stuck dan panik menjelang dedline. Ngeluh kadang jadi pelampiasan.

Aaaaand so on, buanyak lagi contoh keluhan-keluhan sehari-hari, yang saya lihat dan dengar dari diri sendiri maupun orang-orang sekitar.

Salah ya ngeluh? Untuk hal-hal cem gini ini jawabannya nggak bisa biner sih. Tapi menurut saya lebih baik jika tidak ngeluh, karena sepanjang perjalanan hidup saya, ngeluh belum pernah menyelesaikan masalah apapun. Itu buat saya. Kurang tau ya kalo buat orang lain.

Biar nggak kebanyakan ngeluh, mending banyak-banyak bersyukur lah gan. Buat yang nggak puas sama kerjaannya, mbok ya dilihat masih ada yang luntang-lantung cem saya ini. Buat saya dan teman-teman lain yang galau gak dapet-dapet kerja, mendinglah udah lulus, lihat itu yang masih pada berjuang biar nggak jadi maba (mahasiswa basi) terus di kampus. Buat pejuang TA yang di ambang kegilaan (lebay), udah nggak usah banyak ngeluh, kerjain aja, udah untung TA jaman sekarang udah dipermudah, cari bahan apa-apa gampang, ada internet, kebayang nggak sih jaman TA nya bapak-bapak kalian? Jaman segitu itu cari dasar teori buat bab 2 aja setengah mati.

Kalo mau lihat bahan bersyukur yang lebih ekstrem, baiklah balik lagi ke paragraf pertama. Lihat rekan kita, Pak Ujang. Dengan segala keterbatasan, kondisinya yang demikian itu, dia tetap bangkit, sodara-sodara. Ya itu, beliau masih bisa bersyukur, yang penting masih kuat, masih bisa jalan. Sekarang lihat ke diri masing-masing. Nggak cuma masih kuat dan masih bisa jalan, kita juga masih lebih sejahtera, masih dikasi kesempatan sekolah tinggi-tinggi, bahkan kerja di tempat yang bergengsi. Bersyukurnya? Sering lupa.

Sungguh, selalu ada yang bisa disyukuri kok. Sekecil apapun. Setiap detiknya. Kurangi mengeluh. Mari bersyukur, ya? :)



*Terimakasih bagi segenap pihak yang telah mengingatkan saya untuk bersyukur. Semoga kita terus bisa saling mengingatkan dalam hal kebaikan..

Tidak ada komentar: