Minggu, 06 Mei 2012

Radio and Microwave Telecommunication Laboratory Assistant *yeah*

dua semester ini saya coba2 jadi asisten di salah satu lab yang ada di jurusan saya. nama lengkap labnya Lab Telekomunikasi Radio dan Gelombang Mikro. biar efisien biasanya disebut lab radar saja. si lab ini letaknya di lantai dua gedung tua belakang GKU barat, bangunannya super tua gitu, yang awam pasti nggak nyangka bahwa itu gedung lab. para awam juga pasti lebih sering denger tentang lapangan radar, yaitu lapangan di belakang gedung radar yang zaman dahulu kala sebelum dilarang menginjak rumput sering dipake ospek, dibandingkan tentang gedung radarnya.

yang dipraktikumkan di lab radar ada buanyak, biasanya pelajaran2 yang rada menegangkan bagi anak2 telkom --> siskom 1+2, pengsin, elkom, dan antena. kalo pingin jadi asisten tinggal daftar aja ke TU labnya, dan voila! jadilah saya seorang asisten lab.

saya berminat ngasisten karena beberapa alasan. 
satu, alasan yang sama dengan semua asisten lainnya, yaitu tambahan uang saku. walaupun sejatinya honor asisten selalu telat turunnya -_____- 
oke, alasan kedua, saya sangat enjoy berbagi ilmu, semacam ngajarin orang itu hal yang saya suka. saya pilih jadi asisten praktikum ketimbang asisten dosen karena pesertanya lebih dikit dan less ribet.
tiga, yaaa lumayanlah buat liat2, kali aja ada praktikan yang lucu2 #eh

berhubung ini udah hampir akhir semester, sebentar lagi uas, nilai keluar, dan secara resmi pensiunlah saya jadi asisten praktikum. overall, hampir semua isinya suka, dukanya dikit. enak loh jadi asisten, bisa belajar berbagi wawasan yang dimiliki dengan bahasa yang harus mudah dimengerti oleh adek2 praktikan. bisa kenal2an juga sama adek2 yang belum kenal. 

meriksa laporan juga menjadi suatu kesenangan tersendiri. kalo laporannya supersingkat dengan analisis superminim (mengacu pada subjek yang spesifik, namun alangkah lebih bijak bila tidak disebut namanya), saya senang, karena nggak perlu lama ngoreksinya, tinggal berikan nilai yang sama minimnya :p tapi kalo ada praktikan yang bikin laporan superlengkap dengan analisis yang bener2 niat dan meaningful, justru bikin saya jauh lebih seneng lagi. ya gimana ya. 

emang kalo ngerjainnya beneran niat, impactnya bakal keliatan beda sama yang sekedarnya.

yaa pokoknya makasih buat segenap praktikan praktikum radar semester lima dan enam angkatan 09 yang pernah saya asistenin. terimakasih buat partisipasi aktif maupun pasifnya dalam praktikum, makasih atas laporan2 yang dikerjakan sepenuh hati, tenaga, dan pikiran. mohon maaf kalo saya pernah jutek atau sotoy atau bahkan pelit nilai. jangan pernah anggap asisten lebih pinter daripada praktikan yak, kami2 ini cuma lebih duluan tau, lebih duluan baca. cuma itu bedanya kami sama kalian.

makasih juga buat segenap asisten praktikum yang sudah bermain bersama setahun ini, selamat menyelesaikan yang sudah sepantasnya kita selesaikan, if you know what i mean :p

akhirul kalam, wassalamu 'alaikum warahmatullahi wabarakatu.

Tidak ada komentar: