Selasa, 07 Oktober 2008

Cerita Lebaran

Lebaran tahun ini bener2 momentum yang berharga. Reuni keluarga, setaun sekali, yang amat sangat sayang sekali kalo sampe terlewatkan. :)

Berangkat mudik senin dini hari, jam 3an. Lancaaaaaaaar pisan. Udah pake brenti isi bensin, solat wajib, dua kali makan, ama jalan2 di malioboro beliin titipan tas batik buat temen, sampe Solo kurang lebih pas maghrib.
Kurang lama tapi uy, di malioboro nya. Heheu. Oh. Nemu kartu remi gambar wayang men. Antik pisan. Hoho. Rada nyesel cuma beli se-pak, soalnya tiba2 teringat si Jeje, sang bandar kartu, jadi pengen ngebeliin juga [adeuh].

Hari H lebaran. Pagi itu cuaca cerah sekali, orang2 berdiri berjajar di aspal jalanan, menyerukan takbir. Hmmm. Gada yang bisa ngalahin khusyuknya solat Idul Fitri.

Hari H lebaran. Sarapan pake sesuatu yang amat sangat fantastis, lezat tak terkira, yaituuu..

BEBEK GORENG PAK SLAMET.
Eits. Jangan underestimate dulu men. Bukan sembarang bebek goreng neh. Bebek goreng yang satu ini sama sekali bebas bau amis, dagingnya bener2 empuk, kulitnya renyah dan gurih bgt, top abis [promosi]. Sambelnya, kalo sodara2 gw bilang: sambel bledheg [bledheg itu artinya petir, bahasa Jawa men]. Emang pedes banget tuh sambel, cuma makan dikit bgt, seujung kelingking aja, udah kepedesan sampe bikin beungeut jadi EB pisan. Tapi kalo makan bebeknya ga pake sambel juga rasanya ada yg kurang.. Hehe.
Pulang ke Solo blum lengkap tanpa melepas kangen dengan Bebek Goreng Pak Slamet [serius, gw ga dibayar kok buat promosiin ini produk].

Haha. Sebenernya ga cuma bebek aja yang ingin gw promosiin. Ada banyaaak banget makanan2 enak di kampung halaman gw. Misalnya:
Ayam PDI. Ahaha. Sejenis ayam goreng kremes yang uenak banget, apalagi si kremes nya itu loh, nglawuhi banget. Knapa dinamai ayam PDI? Soalnya tempat jualan ayam nya deket ama sebuah rumah yang catnya merah [entah itu bneran basecamp PDI atau ga, pokoknya kami sudah telanjur menyangkutpautkan warna merah dengan partai tsb dan telanjur menamai ayam kremes tsb dengan nama Ayam PDI, dengan seenak udel kami sendiri. Hohow].
Ayam Goreng Widuran. Hahaha. Sama aja ayam goreng. Bedanya apa ama ayam goreng lainnya? Bumbunya men. Merasuk banget ke dagingnya. Mmh. Kudu ngerasain deh.
Soto Triwindu. Wah kalo pengen soto dengan kondisi paling prima, kudu dateng pagi2. Potongan dagingnya gede2, kaldunya kerasa banget di kuahnya. Nah kalo udah siangan mah asa kurang maknyos. Hehe.
Bakso Urat Bu Alex. Ini juga fenomenal. As we know, bakso Solo itu emang paling oke, paling khas. Terutama bakso yang satu ini. Kuahnya ga penuh vetsin kayak kebanyan baso yg gw temui di Bandung [hehe peace ah]. Baksonya juga enak banget, so tasty di setiap buletannya.
Nasi Liwet. Makanan wajib nih. Nasi liwet tuh nasi yg dimasak pake daun salam dan sedikit bumbu, hasilnya nasi yg haruum bgt, menggugah selera. Dimakannya pake ayam atau telor, plus semacem kuah kental berwarna putih yg dari santan atau entah apa itulah yg penting enak, haha, orang2 sih nyebutnya kumut.
Makanan apapun yang dimasak ama Mbah Uti. Masakan apapun terasa nikmat kalo masaknya pake rasa cinta. :)

Hari H lebaran. Sungkeman. Tradisi yang sudah benar2 mendarah daging. Gada lebaran tanpa sungkeman. Ajang maaf2an antar anggota keluarga besar, yang selalu sukses menciptakan suasana penuh haru. Habis itu biasanya dilanjutkan dengan poto2. Poto keluarga besar. Setaun skali.

Hari H lebaran. Lebaran yang kesekian kali nya di Solo. Bikin gw flashback ke lebaran2 taun2 sebelumnya. Udah banyak yang berubah. Tapi ada yang ga pernah berubah. Suasana tenteram ketika berada diantara sanak saudara, feels like home, momen yang ga bisa digantikan oleh momen apapun. Termasuk momen inersia [argh bukan waktunya ngegaring ul, dasar ngerusak flow].

Hoho.

1 komentar:

Ryan Rheinadi mengatakan...

sy jd lapar (jam 1 malem kurang 17 menit)