Jumat, 18 Desember 2009

idul adha!

*tulisan ini dibikin di hari idul adha*

hari ini idul adha.
jadi mengenang idul adha di tahun-tahun sebelumnya.

dulu jaman masih kecil, kalo idul adha sering banget pulang ke solo. pakde bude om tante dan sepupu-sepupu juga pada pulang. solat id di jalanraya depan mesjid, habis itu langsung balik ke rumah mbah uti, melaksanakan ritual tahunan yang cukup fantastis: nyembelih kambing. doh. jadi pingin mudik gw.

jaman SD, kadang mudik, kadang engga. kalo pas ga mudik, bantuin nyembelih kambing di SD gw *surabayaa*. waktu itu gw suka sok asik gamau bareng temen2 cewe motong2 daging kambing, gw malah bantuin guru agama gw yang bernama Pak Supri menguliti si kambing-kambing kurban. gw juga sering amazed sendiri pas bantuin megangin kaki si kambing ketika sedang dipenggal kepalanya. antara kasian dan sedikit deg-degan. haha dasar bocah.

makin kesini makin jarang mudik pas idul adha. liburnya nanggung parah. lebih sering stay di bandung saja. pernah suatu saat ketika kelas satu SMA,
gw bantuin DKM sekolahan gw pas idul adha. pas solat id nya gw ditugasin jadi seksi poto-poto sehubungan dengan mobilitas gw yang tinggi *sedang ga solat*. setelah solat id nya, ikutan motong-motongin daging sapi dan kambing.

oh. ada yang menarik pas gw kebagian suruh motongin hati sapi. jadi kan sapi yang disembelih di SMA gw ada tiga. pas sapi pertama disembelih, dan daging serta bagian-bagian lainnya udah mulei diserahkan kepada para wanita untuk dipotong-potong menjadi bagian-bagian yang lebih kecil, gw pun kebagian motong hati. dan ketika gw mulai memotong..

di dalam hati sapi tersebut terlihatlah bercak-bercak berwarna abu-abu yang sangat aneh. gw penasaran dan mencungkil salahsatu bercak tersebut dari hati yang gw pegang. oh Tuhan. bercak itu ternyata memiliki penampang seperti daun waru *yang ga ngerti daun waru, kayak lambang sekop di kartu remi*, ketebalan hanya dalam skala milimeter, licin, dan HIDUP.

makhluk yang gw temuin saat itu warnanya abu-abu. dan karena perasaan gw saat itu berada di antara jijik dan iseng, gw ambil pisau dan mulai mengiris si abu-abu itu jadi dua bagian..

kedua bagian itu bergerak saling menjauh, menggelepar. fantastis.

cacing hati, kawan, termasuk golongan vermes, sub nya cacing pipih a.k.a platyhelminthes *kalo ga salah*

untung dua sapi lainnya bebas dari penyakit hati. haha.

yang bikin rada mellow *halah* pas pembagian daging nya. entah kenapa langit yang luarbiasa cerah pagi harinya pas solat id, siangnya jadi tidak bersahabat. hujan deres pisan lah. orang-orang di sekitar sekolahan gw, yang kurang mampu, ngantri sambil hujan-hujanan demi sekantong daging kurban. demi makan enak setahun sekali.

idul adha ga cuma punya esensi berkaitan dengan pengorbanan *ingat cerita nabi Ibrahim dan Ismail?*, tapi ternyata juga memberi pelajaran tentang manisnya berbagi. coba aja kalau lo liat wajah-wajah mereka ketika sudah sampai gilirannya, sekantong daging kurban sudah di tangan.

sumringah. meski terguyur hujan. :)

idul adha yang sekarang diawali dengan tidak terlalu baik, karena gw terbangun jam empat pagi oleh getaran hape yang menandakan ada telpon masuk. gw liat layar hape: private number. tumben. gw angkat..

gw: halo?
disana: (diem bentar)
gw: halo?
disana: halo.. ayo bangun, jangan tidur terus.. (dengan suara manis yang anehh)
gw: ini siapa?
disana: ini aku..
gw: hmmm? *merasa aneh*
disana: cuma mau ngucapin met idul adha aja.. (masih suara sok manis yang sama)
gw: ini siapa? (nada jengkel)
disana: ini akuu.. pacar kamu..
gw: zzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzz

SUMPAH RUJIT ABIS. *bagi yang gatau, rujit artinya menjijikkan*

lalu hape tersebut gw jauhkan dari kuping gw, ga gw putus, biarin aja itu orang ngabisin pulsanya ngomong ama angin. doh mimpi apaan dah gw, subuh di hari raya gw dirusak oleh seorang alay ngaku-ngaku pacar gw. zzzzz.

tapi overall, sisa hari ini menyenangkan. another sweet moment with all family members. ini baru namanya bahagia.

Selamat Hari Raya Idul Adha, kawan. :)

Tidak ada komentar: