Senin, 11 Agustus 2014

Mudik (Part 1)

Tiga minggu ke belakang saya mudik. Setelah setahun numpang guling-guling di negeri orang, akhirnya saya dapet ijin mudik. Singkat, tiga minggu kerasanya kayak satu kedipan mata. Karena masih belum move on dari suasana mudik, sekalian ditulis deh.
 
***
 
Airport
 
Saya sudah cukup sering naik pesawat, baik penerbangan domestik maupun internasional. Hanya saja, saya belum pernah benar-benar sendiri, tanpa didampingi keluarga atau bareng teman. Pada mudik kali ini untuk pertama kalinya saya terbang sendirian. Emangnya apa bedanya terbang sendiri dan terbang tapi ada temannya? Ya beda.
 
Kalau bareng keluarga, biasanya bapak dan ibuk yang pegang tiket, ngurus cek in, boarding pass, bagasi, airport tax, dan kawan-kawannya. Saya sih tinggal haha hihi, tinggal masuk pesawat. Satu-satunya pengalaman terbang nggak bareng keluarga, Oktober dua tahun lalu, ke Bali bareng teman-teman. Nggak pake cek in di bandara soalnya udah cek in di web. Nggak pake bagasi, soalnya bawa tas ransel doang. Tinggal masuk pesawat.
 
Kali ini agak sedikit beda. Soalnya sendirian. Dan yang namanya mudik, nggak sehari dua hari saja. Bawaan nggak cuma ransel. Saya bawa koper besar dan masih bawa ransel juga. Perjuangan dimulai dari narik koper sambil gendong ransel dari asrama ke stasiun subway sejauh 15 menit jalan kaki. Dari situ naik subway sampe ujuuuung, terus ganti kereta, teruuuus sampe ujung, sampe bandara. Itu juga turunnya di bangunan lain, masih mesti jalan ke bangunan utama bandara.
 
Sampai di bandara, biar aman, cek in dulu. Mondar-mandir dulu cari tempat cek in di maskapai yang benar. Kebetulan saya waktu itu naik Garuda, di bandara Incheon kalau nggak salah cek in nya di lorong H. Ngantrinya mengular, banyak juga yang mau mudik ternyata. Pas giliran saya, saya cek in sekaligus masukin barang yang ke bagasi: si koper. Setelah ditimbang cuma 17 kiloan. Pas saya bilang 'ranselnya di kabin boleh kan mbak?' Si mbak-mbaknya bilang 'coba ditimbang dulu'. Ditimbanglah si ransel. 'Nggak bisa mbak, ranselnya beratnya hampir sembilan kilo'. Buset. 'Lho emang bates maksimal berapa?' '7 kilo'. 'Kalo saya pindah-pindahin dulu sebagian ke koper boleh nggak?' 'Oh boleh'. Akhirnya setelah saya pindahin barang-barang berat di ransel ke koper, ransel saya lolos seleksi untuk dibawa ke kabin. Hura! 
 
Habis itu saya ternyata harus ke bangunan lain dari bandara, karena tempat boardingnya mesti dari sana. Saya naik semacem subway gitu, buat shuttle antara bangunan yang buat cek in dan bangunan yang deket tempat parkir pesawat. Sampai sana, ternyata pesawat saya masih agak lama boardingnya. Alhasil saya klekaran dulu di ruang tunggu. Sambil nguping mbak-mbak dan ibu-ibu pramugari (yes sir, pramugari yang udah ibu-ibu juga banyak) ngobrolin make up dan produk perawatan kecantikan lainnya, beli dimana, harganya berapa, dan sebagainya. Mereka pada duduk tepat di depan saya. Agak pusing juga lama-lama, soalnya pramugari-pramugari itu pada wangi-wangi banget!
 
Pemandangan dari jendela ruang tunggu

Eskalator yang mendatar ini namanya apa sih? :v
Selang beberapa lama, akhirnya boarding juga. Saya dapat tempat duduk di baris tengah, deket lorong (isle). Pas pesawat sudah mengudara, saya lihat kiri kanan, ternyata nggak penuh. Mungkin gara-gara waktu itu hari kerja ya, kan orang-orang banyak yang mudiknya ngepasin di akhir minggu. Waktu itu masih masuk bulan puasa, tapi kebetulan saya sedang cuti puasa. Ketika jam makan siang mbak-mbak pramugari nawarin makan siang, saya iyain aja. Makan siangnya berasa nikmat sekali, pasalnya, saya nggak sarapan, ditambah bawa koper dan ransel sendirian sampe bandara. Menunya bisa milih antara Korean atau Indonesian. Bedanya cuma di main dish nya aja sih, bulgogi atau ayam bumbu bali. I'm sick of bulgogi, akhirnya pilih ayam bumbu bali. Sebelah saya bapak-bapak, orang Indonesia, lagi puasa, wah saya rada nggak enak juga makan di sebelah dia. Tapi saya laper. Banget. Dan sayang sekali fasilitas makan gratis dari Garuda tidak dimanfaatkan. Maaf ya pak. Semoga amal ibadah puasamu dilipatgandakan.
 
Sisa perjalanan saya habiskan dengan mencoba tidur. Walau sebenarnya tidur di pesawat itu nggak ada nyaman-nyamannya. Sampai akhirnya speaker mengumandangkan 'sebentar lagi kita akan mendarat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta', saya langsung melek. Mendadak excited. Sebentar lagi mendarat. Menginjakkan kaki lagi di tanah air. Pulang.
 
Saya langsung disambut udara panas Jakarta. Sumuk seketika. Setelah ambil bagasi, saya keluar, dan setelah cilang-cileng beberapa saat, akhirnya ketemu juga sama kanjeng mami. Dari Bandung sendirian naik primajasa jemput anak gadisnya. Habis itu kami ke KFC terdekat dulu, beli bekal, lalu naik primajasa pulang ke Bandung.
 
Sepanjang jalan saya memandang ke luar jendela bis. Jalanan macet. Baligo-baligo. Billboard iklan. Tulisan pake abjad normal, bukan hangul. Hello Jakarta, I'm here again. And I'll be home soon. Very soon. 
 
***

Tidak ada komentar: