Selasa, 07 Oktober 2008

Cerita Pra-Lebaran I

As we all know, ramadhan nya anak TPB itu penuh keluhan [bneran smua anak TPB mengeluh atau cuma curhat pribadi gw nih? Hohow]. Lha wong:
  • Gak ada libur awal ramadhan. Biasanya kan dari TK ampe SMA selalu ada, sehari-duahari atau bahkan seminggu [EB], trus masih disambung pesantren kilat [ajang mengeceng anak DKM. Uhui!].
  • Jam kuliah teteup, sama persis, mau ramadhan ga ramadhan. Heheu yaiyalahyah. Dulu kan jamannya blum kuliah, skolah2 saya memberi toleransi yang cukup banyak bagi para muslim, utk bisa lebih pol menjalankan ibadah di bulan ramadhan [yaiyalah wong mayoritasnya muslim], salahsatunya dengan cara mempersingkat jam belajar, sehingga sisa waktu yang cukup banyak itu bisa dimanfaatkan utk beribadah [walau realisasinya ga sepenuhnya demikian].
  • Implikasi dari jam kuliah yg tetep, tugas2 yg tetep, ujian2 yg tetep, plus segala tetekbengeknya yg juga tetep, kami [terutama yang gaks ngekos kayak gw] harus pergi pagi banget dan pulang sore banget. Buka selalu di angkot [gw mah]. Nyampe rumah tuh uda tepar abiss, Cuma bisa solat trus tidur. Dini hari, jam 2 an baru bisa tarawih, dengan mata setengah merem, sahur jam 3, stengah 4 an baru bisa ngerjain tugas. Pol kan..?
  • Menjelang mudik malah disuguhin UTS kalkulus.
Hahaha. Begitulah. Sebenernya sekali lagi, balik lagi ke manajemen waktu masing2. Nah kalo orang dengan manajemen waktu seperti saya, yah, wajar sekali punya keluhan se-EB itu semua tadi. :)

Eh tapi yah, si UTS kalkulus yang ditaro di ujung ramadhan itu tadi cukup memberi kesan dramatis loh. UTS nya kan jumat sore, jam 3. Paginya masih ada kuliah bukan kalkulus [yg dilakoni dengan sebagian pikiran melayang ke limit dan turunan]. Kelar kuliah, wah, itu yang namanya CC barat maupun timur, full ama anak TPB. Ngapain?
Belajar lah.
Ama main kartu. Haha.
Sebagian anak emang nampak serius, dengan kepala masing2 menunduk melototin soal, pulpen atau pensil standby di tangan, dengan catetan atau kertas2 soal atau bundel soal gamais di pangkuan.
Sementara sebagian lainnya yang mulei sembuh dari ke-freak-an belajar UTS, maen kartu dengan harotnya, baik yang pake kartu remi maupun uno.
Disana-sini yang kedengeran cuma statement2 semacam:
“Eh ini caranya gimana sih..”
”Duh kok ga sama yah ama yang di kunci..”
”Naon siah tong noongan nu urang atuh..”
”Ai syarat fungsi punya turunan teh apa gtu..?”
”Anjis, kalah deui..!”
”Alhamdulillah, ketemu..!!”
”Argh..”
”UNO!!”
Dst lah.
Freak.

Dan akhirnya setelah beberapa jam penantian yang diselingi doa2 yang khusyuk sepenuh hati pasca solat dzuhur, datang juga saatnya. UTS kalkulus perdana.

Masuk ruangan ujian, ngeluarin alat tulis + KSM dari tas, si tas nya trus ditaro dpan. Degdegan, sakit perut, dan kebelet pipis bercampur jadi satu. Pas ngisi absen aja gw udah nervous.
Akhirnya, soal UTS nya dibagiin juga. Lengkap ama lembar jawaban, kertas buram 6 lembareun. Gw buka lembar soalnya..
Gw baca soal nomer satu..
Nomer dua..
Tiga..
Empat..
Lima..
Wah.
Gak se-EB yang gw kira, ternyata.
Dan akhirnya gw mengerjakan soal dengan penuh rasa syukur. :)

Setelah selesei, gw periksa ulang hasil kerja gw. Menemukan kesalahan di tiap nomer, tipex bocor gw pun beraksi. Di tengah jalan, sang tipex pun makin parah bocornya, cairan puih aneh pun mengaliri meja gw. Huhu. Akhirnya dengan berat hati kupinjam tipex seseorang di depanku yang entah siapa namanya, takbisa kuingat [makasih yah men, kau penyelamat hidupku], meneruskan memperbaiki hal2 yang perlu diperbaiki.

Waktu masih setengah jam lagi. Masih ada kesempatan ngeceng. Sang kecengan duduk beberapa bangku di kiri depan gw. Hari itu tumben sekali bliau pake kemeja, biasanya Cuma kaos atw polo shirt. Hoho. Kok ya di sela2 UTS masih bisa ngeceng..

Si kakak2 pengawas nulis2 di papan tulis:
SANTAI AJA.. MASIH BANYAK WAKTU..

Pas waktu tinggal 15 menit lagi, ada satu frase lagi muncul di papan tulis:
..TAUN DEPAN

D*mn. Ngenyek, rek. Ga akan down gw dengan hinaan seperti itu.

Sepuluh menit menjelang waktu habis, gw keluar.

Atmosfer sore itu menyenangkan sekali. Dimana2 terlihat senyum lega anak2 TPB. Menghambur keluar dari ruang2 ujian, satu beban sudah terlepas. Yakin gw, ga semuanya menghadapi soal2 dengan lancar pas UTS tadi, tapi peduli apa? Dimana2 terdengar kata2:
“Akhirnya, mudik juga gw..”

1 komentar:

Ryan Rheinadi mengatakan...

"Yakin gw, ga semuanya menghadapi soal2 dengan lancar pas UTS tadi,"

ITU DIA, URG YG G LANCAR.


mana teu mudik deui.

suram.

"PRACTICE MAKES PERFECT."
"but NOBODY'S PERFECT."
"so DON'T PRACTICE."

calon DO yeuh...