Selasa, 07 Juli 2009

pas di singapura

tetap saja mikirin liburan. wkwk.

anak" sefakultas ternyata pada tajir" men. liburan kali ini mainannya pada ke luar negri. si KM gw ke Berlin, ngikut rombongan kantor emaknya. si aga jalan" ke negrinya F4. si abang blackhole ke korea nyusul papanya. si BIW yang baru gw knal itu bahkan cnah lg tur keliling dunia. ampuun.

tanya gw dong, pernah kemana? haha. dulu, duluuuuuu bgt, waktu umur gw dua setengah taun, masi lucu"nya lah. gw pernah ke Jerman loh! ke Muenchen tepatnya. kotanya baguuus, bersih, banyak bangunan bersejarah, pokoknya keren dah. tapi. sayangnya. gw sama sekali ga inget. haha. cuma liat dari foto aja. yeah.

oke. skarang yg agak lebih nyata.

taun lalu, pas gw masi klas 3, gw bneran merasakan main ke luar negri, bareng kluarga. kali ini gw jelas inget lah masi setaun yang lalu gitu, klo ampe gw ga inget namanya uzur bgt dah. liburan kali itu luxurious buat kami.

waktu itu gw main nya ke negara tetangga:
singapura. rute: bandung - jakarta - batam - yak nyebrang got dikit.. nyampe deh di harbour front *yeah akhirrnya*.

yang pertama kali gw cirian ketika menginjakkan kaki di tanah bekas jajahan Inggris itu adalah betapa terstrukturnya, betapa rapinya jalanan dan penataan bangunannya. betapa bersihnya pula. betapa teraturnya lalulintasnya. betapa terawatnya taman" kota nya. betapa transportasi umum disana sudah jauuuuh lebih maju dibanding disini. dan, betapa panasnya. >.< langsung tercetus keinginan yang mendalam untuk mengenakan hotpants dan tanktop saja namun tak mungkin, wkwk.

klo lagi nge-geje, jalan" nyari fastfood buat makan malem, atau lg bengong di MRT *transport darat paling mudah dan murah dan cepat disana mnurut gw*, gw suka melakukan hobi utama gw: ngeliatin org", sesekali nguping omongan" mreka. haha. gado" sekali. etnis dominan: cina, melayu, india. seringnya merasa seperti nonton filem cina tapi 3 dimensi, tapi kok ya dialog"nya diselingi bhs melayu, ada inggris"nya, dan tiba" si filem cina pun bisa ujug" berubah setting jd filem bollywood. hoho. ramai.

kalo pergi jalan" kemanapun, yang ga pernah luput dari perhatian: food!! selama di sana paling aman emang nyari fastfood, KFC, McD, etc. yaa ga aman" teuing sih, tapi ya at least ga nyeleneh. kalo makan di tempat" masakan cina gitu, biasanya *selalu sih* kudu nanya dulu: ini pake babi ga? *dengan bahasa indonesia loh! dan mereka ngerti!* yang paling oke, ketika suatu malam kami baru kelar jalan" nyari oleh", lalu menemukan tempat dimana disana berkumpul rumahmakan" org india. dan malam itu kami makan disana. menunya: nasi kari ayam + ikan goreng + es jeruk. d*mn. kari ayamnya itu men. perfect! huoo. tapi cuma sekali itu bisa makan di situ. jauuh dari hotel soalnya. hmm.

lalu disana gw jg sempet main ke semacem dufan atw ancol nya *halah tapi ini mah jaauuuh lebih oke daripada dufan atw ancol cuy* singapur: pulau sentosa. intinya mah bersenang" bgt lah seharian disono, dari pagi ampe malem. cuman.. satu. di pulau hiburan itu sama sekali gada tempat khusus untuk solat. serius. udah nanya ke bagian informasi pun ngakunya emang gaada. alhasil si bapak dan si adek" gw solat di belakang sebuah bangunan, dimana mreka nemu space yg bersih dan bisa dipake solat dg alas hamparan koran yang beli di minimarket. *kebetulan gw dan ibu sedang ga solat*

huwow. masih tentang tempat solat tadi. mungkin di negara lain juga malah ada yg seNEGARAeun gaada tempat khusus di tempat" umum utk tempat ibadah umat muslim. tapi kan gw juga baru tau dan mayan heran juga. dan ga brarti gada tempatnya trus jadi gak solat kan?

sebenarnya. intinya. yg ingin gw sampaikan adalah: kita perlu keluar dari kotak, bung. kita kudu punya keinginan untuk main ke negara" di luar sana, seperti yang bisa dilakukan oleh teman"ku tercinta liburan ini. tapi, yang gw maksud disini ga untuk sekedar bersenang". tapi untuk observasi. untuk membandingkan. untuk belajar *belajar itu luas yah men*.

setelah pulang dari negara" orang, kita jadi punya bahan utk dipikirkan. bahan" pemikiran yang bisa melahirkan introspeksi dan keinginan untuk memperbaiki dan mengejar ketinggalan. juga bisa melahirkan rasa syukur serta bangga pada tanah air.

ya benar sekali kita juga bisa dengan mudahnya nyari berita dan fakta2 tentang negara2 orang lewat internet dan berita2 di tivi dan koran. tapi rasanya ga akan sama dengan yang namanya pengalaman langsung.

*aduh jadi ngebayangin keliling dunia. ngacai kieu*


Tidak ada komentar: